Penerapan pendekatan kontekstual untuk meningkatkan hasil belajar matematika mengenal satuan waktu siswa kelas IIB SDN Bandungrejosari I Kecamatan sukun Kota Malang /Syarifah Evi Nurhayati - Repositori Universitas Negeri Malang

Penerapan pendekatan kontekstual untuk meningkatkan hasil belajar matematika mengenal satuan waktu siswa kelas IIB SDN Bandungrejosari I Kecamatan sukun Kota Malang /Syarifah Evi Nurhayati

Nurhayati, Syarifan Evi (2012) Penerapan pendekatan kontekstual untuk meningkatkan hasil belajar matematika mengenal satuan waktu siswa kelas IIB SDN Bandungrejosari I Kecamatan sukun Kota Malang /Syarifah Evi Nurhayati. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata Kunci Kontekstual Hasil Belajar Matematika SD Pendekatan kontekstual adalah konsep belajar yang mengaitkan antara materi dengan penerapannya dalam kehidupan mereka sehari-hari. Kesulitan belajar yang dialami oleh siswa adalah materi mengenal satuan waktu. Oleh karena itu penelitian ini menggunakan pendekatan kontekstual untuk mengatasinya. Tujuan penelitian ini adalah 1) Untuk mendeskripsikan penerapan pendekatan kontekstual yang dapat meningkatkan hasil belajar matematika materi pokok mengenal waktu siswa kelas IIB SDN Bandungrejosari I kecamatan Sukun Kota Malang 2) Untuk mengetahui penerapan pendekatan kontekstual dapat meningkatkan hasil belajar matematika dalam pokok bahasan mengenal waktu siswa kelas IIB SDN Bandungrejosari I kecamatan Sukun Kota Malang. Penelitian ini menggunakan rancangan PTK. Subjek penelitian adalah siswa kelas II dengan jumlah siswa 42 orang. Lokasi penelitian adalah di SDN Bandungrejosari 1 Kecamatan Sukun Kota Malang. Teknik pengumpulan datanya dengan observasi dan tes/portofolio. Analisis data dilakukan dengan analisis deskriptif kualitatif. Hasil penelitian ini mendeskripsikan gambaran selama proses pembelajaran yang meliputi siklus I dan Siklus II yang terdiri tahapan siklus yaitu perencanaan pelaksanaan observasi dan refleksi. Hasil dari tindakan pada siklus I menunjukkan penerapan pendekatan kontekstual dapat meningkatkan hasil belajar matematika materi pokok mengenal waktu pada siswa kelas II SDN Bandungrejosari I kecamatan Sukun Kota Malang meliputi perencanaan kegiatan awal inti dan penutup. Dengan menerapkan tujuh komponen pendekatan kontekstual. Penerapan pendekatan kontekstual dapat meningkatkan hasil belajar matematika dalam pokok bahasan mengenal waktu siswa kelas II SDN Bandungrejosari I kecamatan Sukun Kota Malang terbukti nilai hasil belajar siklus II dengan hasil nilai rata-rata kelas dari 65 meningkat menjadi 84 4. Hasil penelitian pada siklus I dan siklus II dapat disimpulkan bahwa penggunaan pendekatan pembelajaran dengan kontekstual dapat meningkatkan nilai hasil belajar siswa. Dari hasil peneletian disarankan kepada siswa SD untuk lebih aktif baik dalam selama proses belajar berlangsung maupun hal-hal baru yang berkaitan dalam kehidupan nyata Guru SD sebelum melaksanakan metode pembelajaran kontekstual hendaknya guru lebih kreatif dalam memberikan materi sesuai dengan permasalahan yang terjadi di kehidupan nyata kepala sekolah dasar mengembangkan pendekatan kontekstual dengan mengikutksertakan guru untuk mengikuti pelatihan bagi Dinas Pendidikan mengembangkan pendekatan kontekstual dengan mengadakan penataran bagi penelitian lanjut penelitian ini dapat diterapkan pada penelitian-penelitian lain.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: library UM
Date Deposited: 26 Jan 2012 04:29
Last Modified: 09 Sep 2012 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/104155

Actions (login required)

View Item View Item