Penerapan model pembelajaran kooperatif tipe TAI (Time Assisted Individualization) untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar IPS siswa kelas III A SDN Tamanharjo 01 Singosari Malang / Wahyuningtiyas Triadi Pamungkas - Repositori Universitas Negeri Malang

Penerapan model pembelajaran kooperatif tipe TAI (Time Assisted Individualization) untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar IPS siswa kelas III A SDN Tamanharjo 01 Singosari Malang / Wahyuningtiyas Triadi Pamungkas

Pamungkas, Wahyuningtiyas Triadi (2012) Penerapan model pembelajaran kooperatif tipe TAI (Time Assisted Individualization) untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar IPS siswa kelas III A SDN Tamanharjo 01 Singosari Malang / Wahyuningtiyas Triadi Pamungkas. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata Kunci Model Pembelajaran TAI Aktivitas Hasil belajar IPS SD. Berdasarkan hasil observasi pada tanggal 29 September 2011 yang peneliti temukan pada kegiatan pembelajaran IPS di kelas III A SDN Tamanharjo 01 Kabupaten Malang diantaranya (1). sebagian besar metode yang digunakan guru sudah cukup baik namun masih didominasi dengan ceramah pemberian tugas dan menghafal (2). hasil belajar siswa kelas III A masih kurang maksimal hal ini. Dengan mengacu pada tujuan penelitian yaitu (1) mendeskripsikan penerapapan model pempelajaran TAI (2) peningkatan aktivitas belajar siswa. (3) peningkatan hasil belajar siswa. Hasil penelitian yang dilakukan oleh Widyawati (2009) menunjukkan bahwa penerapan model TAI dapatmeningkatkan hasil belajar Sejarah siswa kelas XI A 3 Bojonegoro. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan rancangan penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam lebih dari siklus. Model siklus PTK yang digunakan adalah model Kemmis dan Taggert Data aktivitas siswa dikumpulkan dengan teknik observasi sedangkan hasil belajar melalui tes disetiap akhir pertemuan. Nilai rata-rata siswa kelas III A SDN Tamanharjo 01 Kabupaten Malang sebelum dilakukan pembelajaran dengan metode TAI masih belum mencapai Standar Ketuntasan Minimum yang telah ditetapkan yaitu 75. skor rata-rata aktivitas belajar siswa dalam mengikuti kegitan pelajaran IPS pada siklus I penerapan model TAI (Team Assisted Individualization) adalah 71 dan hasil belajar siswa yang telah tuntas belajar sebesar 65 7% (23 siswa) dan yang belum tuntas belajar sebesar 34.3% (12 siswa). Jadi dapat disimpulkan belum mencapai standar ketuntasan klasikal sebesar 75 % hasil pada siklus II untuk aktivitas siswa adalah 75 dan hasil belajar siklus II ini terdapat 35 siswa yang sudah tuntas KKM sebesar 75 (100 %).. Setelah dilakukan penerapan model TAI Aktivitas dan hasil belajar siswa dengan mengalami peningkatan dari siklus I ke siklus II. Dari 35 siswa kelas IIIA terdapat peningkatan aktivitas siswa dari aspek keaktifan keberanian dan kerjasama. Skor aktivitas siswa dari siklus I ke siklus II meningkat 6 % sedangkan hasil belajar siswa juga mengalami peningkatan dari siklus I ke siklus II sebesar 34.3 %. Kesimpulan peneliti bahwa model TAI dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS. Perlu dilakukan penelitian lebih lanjut mengenai penerapan model pembelajaran TAI pada matapelajaran lain agar diperoleh hasil penelitian yang lebih mewakili dari hasil penelitian ini. penelitian ini dapat dijadikan acuan atau rujukan bagi peneliti lain dalam melaksanakan dan mengembangkan penelitian berikutnya.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 19 Jan 2012 04:29
Last Modified: 09 Sep 2012 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/104152

Actions (login required)

View Item View Item