Penerapan model pembelajaran ARIAS (Assurance, Relevance, Interest, Assessment, Satisfaction) untuk meningkatkan hasil belajar PKn siswa kelas V SDN Kauman 2 Kecamatan Klojen Kota Malang / Astedy Berkasa - Repositori Universitas Negeri Malang

Penerapan model pembelajaran ARIAS (Assurance, Relevance, Interest, Assessment, Satisfaction) untuk meningkatkan hasil belajar PKn siswa kelas V SDN Kauman 2 Kecamatan Klojen Kota Malang / Astedy Berkasa

Berkasa, Astedy (2012) Penerapan model pembelajaran ARIAS (Assurance, Relevance, Interest, Assessment, Satisfaction) untuk meningkatkan hasil belajar PKn siswa kelas V SDN Kauman 2 Kecamatan Klojen Kota Malang / Astedy Berkasa. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata Kunci Pembelajaran ARIAS hasil belajar PKn SD. Penerapan model pembelajaran merupakan salah satu faktor yang berpengaruh terhadap hasil belajar siswa. Penerapan model pembelajaran secara tepat dapat membantu dalam meningkatkan hasil belajar siswa. Salah satu contoh model pembelajaran yang dapat di gunakan untuk meningkatkan hasil belajar siswa khususnya pada mata pelajaran PKn adalah model ARIAS. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah (1) bagaimanakah penerapan model ARIAS untuk meningkatkan hasil belajar PKn siswa kelas V SDN Kauman II Kecamatan Klojen Kota Malang (2) apakah penerapan model ARIAS dapat meningkatkan hsil belajar PKn siswa kelas V SDN Kauman II Kecamatan Klojen Kota Malang. Penelitian ini dilakasanakan di SDN Kauman II Kecamatan Klojen Kota Malang pada siswa kelas V Semester 2 bulan Maret-Mei 2011. Pendekatan yang di gunakan dalam penelitian ini adalah Pendekatan Deskrptif Kualitatif. Jenis penelitian yang akan di terapkan oleh peneliti adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Rancangan penelitian yang di gunakan adalah rancangan penelitian model MC. Kemmis Taggart. Penelitian ini bersifat kolaboratif karena melibatkan guru kelas V teman sejawat dan peneliti selama penelitian berlangsung dan data yang diperoleh dengan menggunakan metode wawancara dan angket. Hasil penelitian menunjukan bahwa penerapan model ARIAS (Assurance Relevance Interest Assessment dan Satisfaction) dapat meningkatkan hasil belajar PKn siswa kelas V di SDN Kauman II Kecamatan Klojen Kota Malang. Hal ini dapat dibuktikan dengan adanya peningkatan hasil belajar sebelum menerapkan model pembelajaran ARIAS yaitu 60 85 tetapi pada saat menerapkan model pembelajaran ARIAS maka hasil belajar siswa meningkat menjadi 93 82. Berdasarkan hasil penelitian ini dapat di sarankan agar dilakukan penelitian lebih lanjut mengenai penerapan model ARIAS misalnya untuk meningkatkan aktivitas siswa kemampuan memecahkan masalah dan kemampuan berpikir kritis.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: library UM
Date Deposited: 17 Jan 2012 04:29
Last Modified: 09 Sep 2012 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/104151

Actions (login required)

View Item View Item