Analisis buku teks pendidikan kewarganegaraan (PKn) kelas IV sekolah dasar (SD) di kota Malang / Sulistyowati - Repositori Universitas Negeri Malang

Analisis buku teks pendidikan kewarganegaraan (PKn) kelas IV sekolah dasar (SD) di kota Malang / Sulistyowati

Sulistyowati (2012) Analisis buku teks pendidikan kewarganegaraan (PKn) kelas IV sekolah dasar (SD) di kota Malang / Sulistyowati. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata kunci Analisis Buku BSE PKn. Kehadiran buku teks di lembaga pendidikan yang memang kondisinya sangat kompleks sudah tentu mempunyai nilai tertentu. Dari hasil wawacara peneliti dengan guru kelas IV di 20 sekolah dasar negeri Kota Malang menyatakan bahwa dalam proses belajar mengajar seringkali dijumpai beberapa konsep dalam buku teks satu dengan yang lainnya berbeda. Hal tersebut menyebabkan timbulnya permasalahan dimana guru dan siswa seringkali bingung untuk menentukan buku teks mana yang sesuai untuk digunakan. Penelitian ini dilaksanakan dengan tujuan untuk (1) mengetahui tingkat relevansi isi materi dengan kurikulum (2) mengetahui apakah muatan materi sesuai berdasarkan konsep nilai moral dan norma (3) mengetahui ketepatan bahasa dan keterbacaan dalam buku teks serta (4) mengetahui kesesuaian ilustrasi yang disajkan. Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian deskriptif kualitataif dengan jenis penelitian analisis isi karena yang menjadi objek kajian dalam penelitian ini adalah dokumen yang berupa buku teks. Populasi dalam penelitian ini adalah 5 buku teks pelajaran PKn Kelas IV SD yang telah beredar. Penentuan sampel menggunakan Random Sampling dari hasil survey di 20 sekolah dasar negeri didapatkan buku yang banyak digunakan yaitu BSE PKn Kelas IV SD terbitan Pusat Perbukuan Departemen Pendidikan Nasional karangan Sarjan dan Agung Nugroho. Teknik analisis data yang dilakukan menggunakan teknik analisis deskriptif dengan presentase (%). Dari hasil pembahasan dapat diketahui bahwa relevansi isi materi dengan kurikulum masih terdapat ketidaksesuaian dengan indikator yang dicapai. Untuk muatan materi secara keseluruhan mengandung konsep nilai moral yang benar. Sedangkan untuk norma sulit untuk diamati. Ketepatan bahasa dan keterbacaan sudah sesuai dengan kaidah dan tata bahasa Indonesia. Kesesuaian ilustrasi masih terdapat banyak kekurangan karena gambar yang disajikan kuang bermanfaat bagi siswa Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa relevansi isi materi dengan kurikulum cukup sesuai muatan materi berdasarkan konsep nilai moral dan norma tergolong cukup sesuai ketepatan bahasa dan keterbacaan sudah sesuai dengan tingkat perkembangan siswa dan kesesuaian ilustrasi masih kurang sesuai untuk pemahaman siswa terhadap materi yang disampaikan. Dari hasil kesimpulan disarankan apabila menggunakan buku teks yang sudah ada hendaknya ditelaah terlebih dahulu agar kesalahan yang ada dalam buku ajar tersebut tidak disajikan dalam pembelajaran. Hal tersebut supaya tidak terjadi kesalahpahaman siswa dalam mempelajari materi pelajaran.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 17 Jan 2012 04:29
Last Modified: 09 Sep 2012 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/104150

Actions (login required)

View Item View Item