Penerapan metode demonstrasi untuk meningkatkan kemampuan siswa dalam membuat kolase pada siswa kelas I SDN Sukoharjo 02 Kota Malang / Rizka Dewi Wulansari - Repositori Universitas Negeri Malang

Penerapan metode demonstrasi untuk meningkatkan kemampuan siswa dalam membuat kolase pada siswa kelas I SDN Sukoharjo 02 Kota Malang / Rizka Dewi Wulansari

Wulansari, Rizka Dewi (2012) Penerapan metode demonstrasi untuk meningkatkan kemampuan siswa dalam membuat kolase pada siswa kelas I SDN Sukoharjo 02 Kota Malang / Rizka Dewi Wulansari. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata Kunci metode demonstrasi kemampuan kolase SD Berdasarkan observasi yang dilakukan di SDN Sukoharjo 02 Kota Malang pada pembelajaran SBK di kelas I ditemukan kenyataan bahwa pembelajaran yang dilakukan oleh guru belum dapat meningkatkan kemampuan siswa dalam berkarya seni rupa khususnya dalam membuat kolase. Kemampuan siswa kurang berkembang dikarenakan siswa cenderung mencontoh hasil karya guru yang sudah tersedia tanpa mengetahui proses pembuatannya. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan metode demonstrasi dalam materi kolase pada siswa kelas I SDN Sukoharjo 02 Kota Malang dan mendeskripsikan peningkatan kemampuan dalam pembuatan kolase melalui penerapan metode demonstrasi pada siswa kelas I SDN Sukoharjo 02 Kota Malang. Penelitian ini menggunakan rancangan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dan menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif. Penelitian ini dilakukan 2 siklus di SDN Sukoharjo 02 Kota Malang mulai bulan Agustus sampai dengan Nopember 2011.Subyek penelitian ini adalah siswa kelas I sebanyak 30 siswa yang terdiri dari 15 siswa putra dan 15 siswa putri. Hasil penelitian ini mendeskripsikan bahwa penerapan metode demonstrasi dapat meningkatkan kemampuan siswa dalam membuat kolase. Peningkatan keberhasilan kemampuan proses dari pratindakan ke siklus 1 sebesar 10 1% dan dari siklus 1 ke siklus 2 sebesar 10% sedangkan peningkatan keberhasilan kemampuan hasil dari pratindakan ke siklus 1 sebesar 20% dan dari siklus 1 ke siklus 2 sebesar 2 4%. Kesimpulan dari penelitian ini adalah bahwa penerapan metode demonstrasi pada pembelajaran membuat kolase di kelas I yang dilaksanakan sudah baik dan dapat meningkatkan kemampuan siswa dalam membuat kolase. Peningkatan kemampuan siswa mulai terlihat pada pembelajaran di siklus 1. Peningkatan kemampuan siswa dari pratindakan ke siklus 1 sebesar 20 3 % dan dari siklus 1 ke siklus 2 sebesar 3 3%. Saran yang diberikan dalam penelitian ini adalah bagi guru dalam menerapkan metode demonstrasi harus dengan persiapan yang matang agar dapat meningkatkan kemampuan siswa dalam membuat kolase dan juga memperhatikan alokasi waktu dan bagi peneliti lain yaitu penerapan metode demonstrasi yang tepat dapat meningkatkan kemampuan siswa dalam membuat kolase sebaliknya jika proses demonstrasi dilakukan tanpa persiapan yang matang akan membuat siswa menjadi gaduh dan kegiatan pembelajaran tidak berlangsung sesuai rencana.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 17 Jan 2012 04:29
Last Modified: 09 Sep 2012 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/104149

Actions (login required)

View Item View Item