Pemanfaatan media torso untuk meningkatkan aktivitas siswa dan hasil belajar di kelas 4 SDN Lesanpuro 1 Kota Malang / Wulan Nuzulul Isnaini - Repositori Universitas Negeri Malang

Pemanfaatan media torso untuk meningkatkan aktivitas siswa dan hasil belajar di kelas 4 SDN Lesanpuro 1 Kota Malang / Wulan Nuzulul Isnaini

Isnaini, Wulan Nuzulul (2012) Pemanfaatan media torso untuk meningkatkan aktivitas siswa dan hasil belajar di kelas 4 SDN Lesanpuro 1 Kota Malang / Wulan Nuzulul Isnaini. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata kunci media torso rangka manusia aktivitas hasil belajar SD Berdasarkan hasil observasi yang dilakukan oleh peneliti pada siswa kelas 4 SDN Lesanpuro 1 Kota Malang tahun 2010/2011 pada pembelajaran IPA materi rangka diperoleh fakta bahwa media torso tidak digunakan meskipun sekolah telah memiliki mereka hanya menggunakan buku teks karenanya siswa kurang tertarik mengikuti pembelajaran yang ditunjukkan dengan nilai rata-rata evaluasi IPA di bawah 60. Untuk itu agar dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar IPA materi susunan rangka manusia perlu diadakan perbaikan pembelajaran melalui pemanfaatan media torso rangka manusia. Tujuan penelitian ini adalah (1) mendeskripsikan penggunaan media torso rangka manusia materi pokok susunan rangka manusia di kelas 4 SDN Lesanpuro 1 Kota Malang (2) mendeskripsikan aktivitas belajar materi susunan rangka manusia dengan dimanfaatkannya media torso di kelas 4 SDN Lesanpuro 1 Kota Malang dan (3) mendeskripsikan peningkatan hasil belajar siswa materi susunan rangka manusia dengan dimanfaatkannya media torso di kelas 4 SDN Lesanpuro 1 Kota Malang. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian tindakan kelas dengan pendekatan deskriptif kualitatif model kolaboratif. Subjek penelitian siswa kelas 4 SDN Lesanpuro 1 Kota Malang. Dalam penelitian ini peneliti menjadi pengajar dan guru kelas sebagai observer. Teknik pengumpulan data penelitian ini adalah observasi tes dan dokumentasi. Analisis data dilakukan secara deskriptif kuantitatif (berupa angka-angka) dan deskriptif kualitatif (berupa uraian kalimat). Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) melalui pemanfaatan media torso rangka manusia pembelajaran IPA pada siswa kelas 4 SDN Lesanpuro 1 Kota Malang materi susunan rangka manusia dapat dilaksanakan dengan efektif (2) aktivitas belajar IPA siswa kelas 4 SDN Lesanpuro 1 Kota Malang melalui pemanfaatan media torso rangka manusia dapat meningkat siswa aktif menanggapi permasalahan tanpa diminta berani mengungkapkan pendapat tanpa diperintah serta bekerjasama dengan kompak di dalam kegiatan kelompok dan (3) ketuntasan belajar klasikal telah tercapai dilihat dari hasil belajar IPA siswa kelas 4 SDN Lesanpuro 1 Kota Malang mengalami peningkatan nilai rata-rata pada siklus pertama 63 20 menjadi 70 14 pada akhir siklus kedua. Berdasarkan hasil penelitan dapat disarankan hendaknya guru berusaha memanfaatkan media pembelajaran yang telah ada dan disediakan di sekolah untuk menciptakan suasana pembelajaran aktif sehingga dapat memberikan pengalaman langsung kepada siswa serta mampu meningkatkan minat belajar.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 17 Jan 2012 04:29
Last Modified: 09 Sep 2012 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/104147

Actions (login required)

View Item View Item