Pemanfaatan media timeline video pembelajaran untuk meningkatkan proses dan hasil belajar IPS siswa kelas IV SDN Gunung Jati 01 Kec. Jabung Kab. Malang / Angga Silvani - Repositori Universitas Negeri Malang

Pemanfaatan media timeline video pembelajaran untuk meningkatkan proses dan hasil belajar IPS siswa kelas IV SDN Gunung Jati 01 Kec. Jabung Kab. Malang / Angga Silvani

Silvani, Angga (2012) Pemanfaatan media timeline video pembelajaran untuk meningkatkan proses dan hasil belajar IPS siswa kelas IV SDN Gunung Jati 01 Kec. Jabung Kab. Malang / Angga Silvani. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata kunci media Timeline Video pembelajaran proses belajar hasil belajar IPS SD Berdasarkan observasi di kelas IV SDN Gunung Jati 01 Kec. Jabung Kab. Malang diketahui bahwa pembelajaran berpusat pada guru dan media pembelajaran belum dimanfaatkan secara optimal. Hasil penelitian awal menunjukkan 75 00% mendapatkan nilai di bawah KKM. Selain itu rata-rata hasil belajar yang diperoleh oleh siswa adalah 59 33. Tujuan dari penelitian ini adalah (1) mendeskripsikan pemanfaatan media timeline video pembelajaran dapat meningkatkan proses belajar IPS siswa kelas IV SDN Gunung Jati 01 Kec. Jabung Kab. Malang (2) mendeskripsikan pemanfaatan media timeline video pembelajaran dapat meningkatkan hasil belajar IPS siswa kelas IV SDN Gunung Jati 01 Kec. Jabung Kab. Malang. Rancangan yang digunakan dalam penelitian ini adalah model penelitian tindakan kelas (PTK). Model pelaksanaan PTK ini menggunakan acuan model siklus PTK yang dikembangkan oleh Kemmis dan Mc.Taggart meliputi (1) planning (2) acting (3) observing (4) reflecting yang terdiri dari 2 siklus. Subjek penelitian dibatasi pada siswa kelas IV SDN Gunung Jati 01 Kec. Jabung Kab. Malang yang berjumlah 36 siswa. Teknik analisis data yang digunakan adalah deskriptif kualitatif. Instrumen yang digunakan adalah observasi dokumentasi dan wawancara. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pemanfaatan media timeline video pembelajaran dapat meningkatkan proses dan hasil belajar IPS siswa kelas IV SDN Gunung Jati 01 Kec. Jabung Kab. Malang. Tahap pelaksanaan pemanfaatan media timeline video pembelajaran adalah (1) siswa memperhatikan tayangan media timeline video pembelajaran (2) siswa dan guru melakukan tanya jawab tentang materi dalam media (3) siswa mencatat hal-hal penting dari tampilan media timeline video pembelajaran (4) siswa bersama kelompok mengerjakan LKS (5) siswa mengerjakan soal evaluasi. Penilaian proses belajar siswa mengalami peningkatan yaitu berdasarkan kemampuan siswa dalam kerjasama meningkat 7 41% rasa ingin tahu meningkat 0 46% dan komunikasi siswa meningkat 13 42%. Pada siklus I ke siklus II prosentase ketuntasan belajar mengalami peningkatan 33 34%. Sedangkan hasil belajar siswa meningkat dari siklus I 65 88 menjadi 71 78 pada siklus II meningkat 8 96%. Berdasarkan hasil penelitian ini disarankan yang dapat diberikan oleh peneliti adalah agar guru dapat mengoptimalkan pembelajaran dengan memanfaatkan media timeline video pembelajaran IPS kelas IV Sekolah Dasar. Disarankan bagi peneliti lain agar hasil penelitian ini dapat dijadikan bahan pertimbangan dan acuan dalam penelitian pemanfaatan media selanjutnya.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 16 Jan 2012 04:29
Last Modified: 09 Sep 2012 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/104146

Actions (login required)

View Item View Item