Peningkatan proses dan hasil belajar melalui metode karyawisata tema lingkungan pada siswa kelas II SDN Pisang Candi 4 Kota Malang / Dila Mei Dwi Harini - Repositori Universitas Negeri Malang

Peningkatan proses dan hasil belajar melalui metode karyawisata tema lingkungan pada siswa kelas II SDN Pisang Candi 4 Kota Malang / Dila Mei Dwi Harini

Harini, Dila Mei Dwi (2012) Peningkatan proses dan hasil belajar melalui metode karyawisata tema lingkungan pada siswa kelas II SDN Pisang Candi 4 Kota Malang / Dila Mei Dwi Harini. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata Kunci Peningkatan Proses dan hasil belajar Metode Karyawisata Lingkungan. Tingkat perkembangan siswa usia SD khususnya anak usia 6-9 tahun atau kelas I II dan III berada pada rentangan usia dini yang masih melihat segala sesuatu sebagai satu keutuhan sehingga pembelajarannya masih bergantung pada objek objek konkrit dan pengalaman yang dialaminya. Berdasarkan observasi pendahuluan yang dilakukan peneliti terhadap pembelajaran di kelas II SDN Pisang Candi 4 Kota Malang banyak mengalami kesulitan belajar khususnya pada tema lingkungan. Hasil ulangan menunjukkan bahwa dari 32 siswa terdapat 8 siswa (25%) mendapat nilai di atas KKM 7 siswa (21%) mendapat nilai pada KKM dan 17 siswa (53%) mendapat nilai di bawah KKM dari KKM yang ditetapkan sebesar 75. Penelitian ini dilaksanakan dengan tujuan untuk (1) Mendeskripsikan penerapan metode Karyawisata terhadap proses dan hasil belajar Siswa Kelas II SDN Pisang Candi 4 Kecamatan Sukun Kota Malang. (2) Mendeskripsikan peningkatan proses belajar siswa kelas II melalui penerapan metode Karyawisata di SDN Pisang Candi 4 Kecamatan Sukun Kota Malang (3) Mendeskripsikan peningkatan hasil belajar siswa kelas II melalui penerapan metode Karyawisata di SDN Pisang Candi 4 Kecamatan Sukun Kota Malang. Penelitian ini dilaksanakan dengan menggunakan rancangan Penelitian Tindakan Kelas model spiral dari Kemmis dan Taggart. Subyek penelitian adalah siswa kelas II SDN Pisang Candi 4 Kota Malang pada semeser ganjil tahun ajaran 2011/2012. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik observasi angket wawancara dokumentasi dan test. Metode Karyawisata diharapkan dapat mengatasi permasalahan pembelajaran di kelas rendah dan pada akhirnya diharapkan mampu meningkatkan pemahaman materi proses belajar siswa lebih menyenangkan dan lebih banyak siswa yang dapat mencapai ketuntasan belajar. Hasil penelitian dengan penerapan Metode karyawisata menunjukkan bahwa proses dan hasil belajar siswa mengalami peningkatan dari siklus I mencapai 62 25% meningkat pada siklus II menjadi 75%. Sedangkan untuk rata-rata hasil belajar siswa secara klasikal terjadi peningkatan nilai rata-rata dari tes pra tindakan sebesar 62 34. Dengan metode karyawisata hasil belajar siswa dari siklus I nilai rata-rata 72 34 meningkat di siklus II menjadi 77 65.Dengan adanya penelitian metode karya wisata tema lingkungsn ini dapat memberikan informasi dan wawasan serta dapat meningkatkan lagi hasil dari penelitian ini.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 16 Jan 2012 04:29
Last Modified: 09 Sep 2012 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/104145

Actions (login required)

View Item View Item