Peningkatan keterampilan menulis narasi melalui model Circ pada siswa kelas V di SDN Klampok kota Blitar / Kifayatul Asna - Repositori Universitas Negeri Malang

Peningkatan keterampilan menulis narasi melalui model Circ pada siswa kelas V di SDN Klampok kota Blitar / Kifayatul Asna

Asna, Kifayatul (2012) Peningkatan keterampilan menulis narasi melalui model Circ pada siswa kelas V di SDN Klampok kota Blitar / Kifayatul Asna. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata kunci menulis narasi CIRC. Pada observasi awal diperoleh data bahwa pada saat pembelajaran guru masih menggunakan metode yang konvensional. Selain itu dari data hasil belajar bahasa Indonesia menunjukkan bahwa siswa belum memahami pelajaran yang berkenaan dengan menulis narasi. Kemampuan menulis siswa yang rendah ini pada umumnya siswa tidak dapat membuat kalimat yang baik dan sesuai dengan perintah soal yang dimaksud. Hal ini mengakibatkan 88% siswa tidak mencapai KKM yang talah ditetapkan yaitu 70. Berdasarkan hal tersebut maka perlu diadakan penelitian yang bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan keterampilan menulis narasi melalui model Cooperative Integreted Reading And Composition (CIRC) pada siswa kelas V SDN Klampok Kota Blitar (2) untuk mendeskripsikan peningkatan keterampilan menulis narasi melalui model Cooperative Integreted Reading And Composition pada siswa kelas V SDN Klampok Kota Blitar. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian deskriptif kualitatif. Jenis penelitian yang dipergunakan dalam penulisan skripsi ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif. Penelitian ini terdiri dari dua siklus. Tiap siklus dilaksanakan dengan tahapan sebagai berikut (1) perencanaan (2) pelaksanaan (3) observasi dan (4) refleksi. Sedangkan teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi catatan lapangan dan tes. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pelaksanaan pembelajaran menulis narasi melalui model CIRC dapat meningkatkan keterampilan menulis narasi siswa kelas V SDN Klampok yang ditunjukkan dengan nilai rata-rata pada pratindakan 61 siklus I 71 dan siklus II 77. Ketuntasan belajar pada pratindakan sebesar 22% siklus I sebesar 65% dan siklus II 92%. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa pembelajaran keterampilan menulis narasi dengan menggunakan model CIRC dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Untuk itu disarankan agar guru menggunakan model CIRC karena selain dapat meningkatkan hasil belajar siswa juga dapat meningktakan hasil belajar kelompok.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: library UM
Date Deposited: 12 Jan 2012 04:29
Last Modified: 09 Sep 2012 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/104144

Actions (login required)

View Item View Item