Penerapan metode pembelajaran kooperatif untuk meningkatkan kemampuan kognitif anak melalui permainan menyusun huruf dan angka di TK Tunas Mulia malang / Yolarisa Ratriawan - Repositori Universitas Negeri Malang

Penerapan metode pembelajaran kooperatif untuk meningkatkan kemampuan kognitif anak melalui permainan menyusun huruf dan angka di TK Tunas Mulia malang / Yolarisa Ratriawan

Ratriawan, Yolarisa (2012) Penerapan metode pembelajaran kooperatif untuk meningkatkan kemampuan kognitif anak melalui permainan menyusun huruf dan angka di TK Tunas Mulia malang / Yolarisa Ratriawan. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata Kunci Metode Kooperatif Menyusun Huruf dan Angka Kognitif. Penelitian ini berdasarkan latar belakang rendahnya kemampuan kognitif anak di kelompok B TK Tunas Mulia Wagir Malang. Pembelajaran cenderung diarahkan pada penguasaan pembelajaran tertentu diantaranya kemampuan yang bersifat akademik seperti membaca menulis dan berhitung. Pembelajaran yang bersifat monoton akan berpengaruh pada perkembangan anak. Berdasarkan latar belakang masalah diatas maka dirumuskan masalah dapat sebagai berikut 1). Bagaimanakah proses penerapan metode pembelajaran kooperatif melalui permainan menyusun huruf dan angka 2). Apakah penerapan metode pembelajaran kooperatif melalui permainan menyusun huruf dan angka dapat meningkatkan kemampuan kognitif pada anak Penelitian ini menggunakan Rancangan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam 2 siklus. Masing-masing siklus terdiri dari 4 tahapan yaitu perencanaan pelaksanaan tindakan observasi dan refleksi. Subjek penelitian adalah siswa kelompok B TK Tunas Mulia Wagir Malang sebanyak 10 anak dengan observasi sebagai teknik pengumpulan datanya. Hasil penelitian dari penerapan metode pembelajaran kooperatif melalui permainan menyusun huruf dan angka diketahui bahwa 1). Anak sudah mampu membilang 1-20 secara urut dan benar anak mampu membedakan antara huruf b dan d. 2). Pada siklus I rata-rata kemampuan kognitif anak sebesar 58 5%% pada siklus II diperoleh rata-rata sebesar 79 5% sehingga terjadi peningkatan kemapuan kognitif anak dari siklus I ke siklus II sebesar 21%. Berdasarkan hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa penerapan metode pembelajaran kooperatif melalui permainan menyusun huruf dan angka dapat meningkatkan kemampuan kognitif anak. Saran yang disampaikan kepada guru yaitu agar para guru dapat menerapkan metode pembelajaran kooperatif melalui permainan menyusun huruf dan angka dalam meningkatkan kemampuan kognitif anak dengan pengembangan lainnya. Metode pembelajaran ini juga dapat digunakan sebagai pedoman oleh peneliti selanjutnya sebagai bahan perbandinagn sehingga penelitian selanjutnya akan menjadi lebih baik.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 12 Jan 2012 04:29
Last Modified: 09 Sep 2012 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/104142

Actions (login required)

View Item View Item