Perbedaan kreativitas siswa dalam memecahkan masalah melalui penetapan model sains teknologi masyarakat dengan konvensional di kelas III SDN Pandanwangi 3 Malang / Lindawati Muslih - Repositori Universitas Negeri Malang

Perbedaan kreativitas siswa dalam memecahkan masalah melalui penetapan model sains teknologi masyarakat dengan konvensional di kelas III SDN Pandanwangi 3 Malang / Lindawati Muslih

Muslih, Lindawati (2012) Perbedaan kreativitas siswa dalam memecahkan masalah melalui penetapan model sains teknologi masyarakat dengan konvensional di kelas III SDN Pandanwangi 3 Malang / Lindawati Muslih. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata Kunci kreativitas siswa pemecahan masalah model sains teknologi masyarakat konvensional Pembelajaran sains teknologi masyarakat dimaksudkan untuk menjembatani kesenjangan antara pembelajaran IPA di dalam kelas dengan kemajuan teknologi dan perkembangan masyarakat yang ada di sekitar peserta didik. Dari hasil wawancara dengan guru di kelas 3 SDN Pandanwangi 3 didapatkan data bahwa Guru kelas 3 tidak pernah menerapkan pembelajaran sains teknologi masyarakat di kelasnya siswa kelas 3 memiliki kreativitas yang kurang. Berdasarkan landasan tersebut maka dirumuskan judul skripsi Perbedaan Kreativitas Siswa dalam Memecahkan Masalah Melalui Penerapan Model Sains Teknologi Masyarakat dengan Konvensional di Kelas III SDN Pandanwangi 3 Malang . Tujuan diadakannya penelitian ini adalah untuk mengetahui perbandingan nilai post test pre test siswa melalui penerapan model sains teknologi masyarakat dan model konvensional di kelas III SDN Pandanwangi 3 Malang dan untuk mengetahui adakah perbedaan kreativitas siswa dalam memecahkan masalah melalui penerapan model sains teknologi masyarakat dengan konvensional di kelas III SDN Pandanwangi 3 Malang. Rancangan penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah pola pretest-post test control group design. Penelitian ini menggunakan kelas eksperimen dengan penerapan model sains teknologi masyarakat dan kelas kontrol yang menggunakan model konvensional. Dari hasil penelitian dan uji hipotesis didapatkan bahwa kelas eksperimen yang menggunakan model sains teknologi masyarakat menunjukkan peningkatan hasil pre test post test yang lebih rendah daripada kelas kontrol yang menggunakan model konvensional dan ternyata tidak ada perbedaan hasil kreativitas siswa dalam memecahkan masalah yang signifikan antara kelompok kontrol yang menggunakan model pembelajaran konvensional dan kelompok eksperimen yang menggunakan model pembelajaran sains teknologi masyarakat. Dengan adanya skripsi ini diharapkan dapat menjadi pertimbangan dalam upaya memperbaiki penerapan model pembelajaran di SDN Pandanwangi 3 Malang. Bagi guru diperlukan memperhatikan alokasi waktu agar tahapan pelaksanaan kegiatan pembelajaran dapat berlangsung dengan baik. Bagi siswa diharapkan mampu memanfaatkan pendidikan dengan baik karena guru telah berupaya seoptimal mungkin memberikan pelayananan yang terbaik.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 12 Jan 2012 04:29
Last Modified: 09 Sep 2012 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/104141

Actions (login required)

View Item View Item