Grammatical errors in writing recount text made by 10th grades / Azza Nabila - Repositori Universitas Negeri Malang

Grammatical errors in writing recount text made by 10th grades / Azza Nabila

Nabila, Azza (2018) Grammatical errors in writing recount text made by 10th grades / Azza Nabila. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

RINGKASAN Nabila Azza. 2018. Kesalahan Grammar pada Penulisan Teks Recount oleh Siswa Kelas X. Skripsi. Jurusan Sastra Inggris Fakultas Sastra Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. Niamika El Khoiri M. A. (II) Dr. Enny Irawati M. Pd. Kata kunci kesalahan grammar teks recount Dalam mempelajari sebuah bahasa baru siswa tidak dapat terhindar dari kesalahan karena adanya proses kognitif terhadap pembentukan konsep bahasa itu sendiri. Terdapat kesalahan yang diulang-ulang dalam komponen utama bahasa Inggris yakni grammar. Grammar secara umum adalah tata bahasa dalam bahasa Inggris. Meskipun banyak penelitian tentang kesalahan pada grammar hal ini masih menjadi satu masalah dan menjadi perhatian dalam konteks EFL. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kesalahan grammar dalam penulisan teks recount yang dibuat oleh siswa kelas X. Penelitian ini menyertakan siswa kelas X Mipa 6 MAN 2 Malang sebagai subyeknya. Data berupa teks recount siswa yang digunakan untuk mengetahui kesalahan grammar berdasarkan taksonomi Surface Strategy oleh Dulay dkk (1982). Kesalah kesalahan tersebut dikategorikan menjadi penghilangan penambahan pembentukan dan penyusunan. Temuan dari penelitian ini menjukkan bahwa ada 655 total kesalahan yang terdiri dari 332 kesalahan pembentukan (50 69%) 198 kesalahan penghilangan (30 23%) 100 kesalahan penambahan (15 28%) dan 25 kesalahan penyusunan (3 83%). Dibandingkan dengan penelitian lain pada topik yang sama pada EFL penelitian ini menunjukkan kesalahan lebih banyak ditemukan pada morfem grammar seperti akhiran ed/ d akhiran ing artikel kata depan kata kerja pada tense dan sebagainya. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa siswa-siswa masih belum menguasai secara baik grammar khususnya pada penggunaan bentuk lampau yang dibuktikan dengan temuan pada penelitian ini. Berdasarkan temuan tersebut beberapa saran diberikan kepada guru dan calon peneliti selanjutnya. Untuk guru bahasa Inggris mereka bisa memodifikasi strategi pembelajaran dalam pengajaran grammar seperti penggunaan dictoglos. Mereka juga perlu menekankan bagian grammar manakah yang tidak tepat kepada siswa dan mengajarkan secara eksplisit. Meneliti faktor lain yang mempengaruhi kesalahan grammar pada siswa dan menggunakan taksonomi yang berbeda adalah saran yang peneliti berikan kepada calon peneliti pada topik yang sama.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Departemen Sastra Inggris (ING) > S1 Pendidikan Bahasa Inggris
Depositing User: library UM
Date Deposited: 05 Jul 2018 04:29
Last Modified: 09 Sep 2018 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/10414

Actions (login required)

View Item View Item