Penerapan model pembelajaran inkuiri dalam meningkatkan hasil belajar menghitung luas bangun datar persegi panjang pada siswa kelas III SDN Maa'rif kota Blitar / Ninik Marya Ulfa - Repositori Universitas Negeri Malang

Penerapan model pembelajaran inkuiri dalam meningkatkan hasil belajar menghitung luas bangun datar persegi panjang pada siswa kelas III SDN Maa'rif kota Blitar / Ninik Marya Ulfa

Ulfa, Marya Ninik (2012) Penerapan model pembelajaran inkuiri dalam meningkatkan hasil belajar menghitung luas bangun datar persegi panjang pada siswa kelas III SDN Maa'rif kota Blitar / Ninik Marya Ulfa. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata kunci hasil belajar luas persegi panjang model pembelajaran inkuiri Kenyataan di lapangan siswa kelas III SDI Ma arif Kota Blitar memiliki pemahaman konsep dalam menghitung luas bangun datar persegi panjang yang rendah sehingga hasil belajar siswa kurang dari KKM. Maka perlu diadakan penelitian tindakan kelas (PTK) untuk mengatasi masalah tersebut. Rumusan masalah penelitian ini adalah 1) Bagaimana penerapan model pembelajaran inkuiri pada pembelajaran Matematika tentang menghitung luas bangun datar persegi panjang di kelas III SDI Ma arif Kota Blitar 2) Apakah penerapan model pembelajaran inkuiri dapat meningkatkan hasil belajar menghitung luas bangun datar persegi panjang di kelas III SDI Ma arif Kota Blitar Pendekatan penelitian yang digunakan adalah metode penelitian deskriptif kualitatif. Jenis penelitian yang dipergunakan dalam penulisan skripsi ini adalah PTK. Penelitian ini terdiri dari dua siklus. Tiap siklus dilaksanakan dengan tahapan sebagai berikut (1) perencanaan (2) pelaksanaan (3) observasi dan (4) refleksi. Sedangkan teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi tes dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan analisis kualitatif meliputi reduksi data penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa guru dan siswa dapat menerapkan pembelajaran menghitung luas bangun datar persegi panjang melalui langkahlangkah model pembelajaran inkuiri yaitu orientasi merumuskan masalah mengajukan hipotesis mengumpulkan data menguji hipotesis dan menarik kesimpulan dengan baik. Sehingga pelaksanaan pembelajaran melalui model pembelajaran inkuiri dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas III SDI Ma arif Kota Blitar yang ditunjukkan dengan nilai rata-rata hasil belajar pada pra tindakan 58 siklus I 68 dan siklus II 82 . Ketuntasan belajar pun mengalami peningkatan pada pra tindakan sebesar 42% siklus I sebesar 61% dan siklus II 94%. Berdasarkan hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa penerapan pembelajaran menghitung luas bangun datar persegi panjang melalui model pembelajaran inkuiri dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas III SDI Ma arif Kota Blitar oleh karena itu guru disarankan untuk menerapkan dan memahami model pembelajaran inkuiri sebagai salah satu metode untuk membelajarkan dan memotivasi siswa dalam menemukan konsep-konsep karena dengan proses penemuan sendiri siswa tidak mudah lupa dengan pelajaran yang telah dipelajari.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 10 Jan 2012 04:29
Last Modified: 09 Sep 2012 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/104138

Actions (login required)

View Item View Item