Peningkatan hasil belajar perkalian matimatika siswa kelas III melalui model guided discovery di SDN Soso 03 Kabupaten Blitar / Ifa Ruliana - Repositori Universitas Negeri Malang

Peningkatan hasil belajar perkalian matimatika siswa kelas III melalui model guided discovery di SDN Soso 03 Kabupaten Blitar / Ifa Ruliana

Ruliana, Ifa (2012) Peningkatan hasil belajar perkalian matimatika siswa kelas III melalui model guided discovery di SDN Soso 03 Kabupaten Blitar / Ifa Ruliana. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata Kunci hasil belajar model guided discovery perkalian. Hasil observasi pendahuluan memberikan informasi bahwa pembelajaran yang digunakan berpusat pada guru. Guru hanya menggunakan metode ceramah dalam pembelajaran. Tidak adanya media yang menunjang sehingga siswa tidak tertarik terhadap materi yang diajar-kan. Hal itu menyebabkan hasil belajar matematika siswa masih rendah. Permasalahan tersebut dapat diatasi dengan menggunakan Model guided discovery. Dengan model pembelajaran ini siswa dibimbing untuk menemukan sendiri pengetahuan baru. Penelitian dalam PTK ini adalah untuk (1) mengetahui bagaimana penerapan model guided discovery pada pembelajaran perkalian matematika (2) hasil belajar siswa pada materi perkalian dengan menggunakan model guided discovery dan (3) untuk mengetahui peningkatan hasil belajar perkalian matematika melalui model guided discovery di kelas III SDN soso 03 Kabupaten Blitar. Hasil penelitian mulai dari tahap observasi pendahuluan sampai siklus II diketahui bahwa penerapan model guided discovery dapat memperbaiki aktivitas belajar siswa. Hal ini dibuktikan dengan peningkatan aktivitas siswa pada tahap observasi pendahuluan mencapai 7.33% pada siklus I mencapai 62.2% dan pada siklus II meningkat lagi menjadi 74.75%. Penerapan model guided discovery juga dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Hal ini dibuktikan dengan peningkatan hasil belajar siswa pada tahap observasi pendahuluan ketuntasan belajarnya hanya 25% pada siklus I meningkat menjadi 75% dan pada siklus II meningkat lagi menjadi 85%. Saran yang disampaikan dalam penelitian ini adalah pembelajaran matematika dengan menggunakan model guided discovery sebaiknya dilaksanakan dengan pembimbingan yang mengarah. Sehingga konsep yang ditemukan siswa tepat. Dalam kerja kelompok hendaknya siswa berperan aktif dalam menyelesaikan tugas sehingga ketika mengerjakan soal secara individu dapat mengerjakan dengan baik. Sebaiknya dalam penilaian hasil belajar siswa guru tidak hanya berpedoman pada tes tulis tetapi juga menerapkan penilaian proses.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 10 Jan 2012 04:29
Last Modified: 09 Sep 2012 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/104135

Actions (login required)

View Item View Item