Pengaruh penerapan teknik skimming terhadap kemampuan membaca cepat siswa kelas v SDN Arjowinangun 2 Malang / Kurniawan Adi Santoso - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh penerapan teknik skimming terhadap kemampuan membaca cepat siswa kelas v SDN Arjowinangun 2 Malang / Kurniawan Adi Santoso

Santoso, Kurniawan Adi (2012) Pengaruh penerapan teknik skimming terhadap kemampuan membaca cepat siswa kelas v SDN Arjowinangun 2 Malang / Kurniawan Adi Santoso. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata Kunci teknik skimming kemampuan membaca cepat Sekolah Dasar. Pada umumnya untuk menemukan informasi secara efektif dan efisien terdapat teknik membaca skimming. Dengan menggunakan teknik skimming kemampuan membaca cepat dapat ditingkatkan. Di dalam kurikulum 2006 khususnya Mata Pelajaran Bahasa Indonesia kelas V SD semester I mensyaratkan pembelajaran membaca cepat 75 kata/menit. Berdasarkan pernyataan guru kelas V SDN Arjowinangun 2 Malang pada saat wawancara tidak terstruktur dengan peneliti pada pertengahan Oktober 2011 pembelajaran membaca cepat belum ada tindak lanjut berupa pengukuran kecepatan membaca. Selain itu guru tidak menyadari ada rentangan tingkat membaca siswa sesuai dengan tingkatan kecepatan membaca di sekolah dasar. Apabila kenyataan ini diabaikan begitu saja sangat mungkin tingkat kecepatan membaca siswa yang ditargetkan sampai 75 kata/menit tidak diketahui setiap kemajuan kecepatan yang diperoleh. Maka hal ini dipandang perlu untuk dilakukan penelitian pengukuran kemampuan membaca cepat siswa dengan penerapan teknik skmimming. Rumusan masalah penelitian ini adalah apakah ada pengaruh yang signifikan penerapan teknik skimming terhadap kemampuan membaca cepat siswa kelas V SDN Arjowinangun 2 Malang. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif dengan menggunakan rancangan penelitian kuasi eksperimen Pretest-Posttest Non- Equivalent Control Group Design. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas V SDN Arjowinangun 2 Malang yang terdiri dari kelas Va 33 siswa dan kelas Vb 32 siswa. Populasi tersebut kemudian seluruhnya menjadi sampel penelitian. Sumber data diperoleh dari hasil pre tes dan post tes pada kelas kontrol dan kelas eksperimen. Data yang diperoleh dianalisis menggunakan statistik inferensial. Pengujian hipotesis penelitian dengan uji t taraf signifikansi 0 05. Dalam pengujian ini menggunakan bantuan software SPSS 16 dan Ms. Excel. Berdasarkan hasil analisis uji-t gain skor antara kelas eksperimen dengan kelas kontrol dapat diketahui bahwa thitung 1 031 ttabel 1 998 maka H0 diterima berarti kondisi setelah perlakuan diberikan kepada kedua kelas adalah sama. Sehingga dapat disimpulkan bahwa tidak terdapat pengaruh yang signifikan antara penerapan teknik skimming terhadap kemampuan membaca cepat siswa kelas V SDN Arjowinganun 2 Malang. Saran yang dapat diajukan sebagai berikut pertama dalam penelitian kuasi eksperimen hendaklah peneliti mengetahui secara betul kondisi subjek dan tempat penelitian yang sesuai dengan penelitiannya. Kedua penelitian di kelas eksperimen hendaklah dipersiapkan secara maksimal dan pada pelaksanaannya juga harus dimaksimalkan. Ketiga pembelajaran membaca cepat dengan teknik skimming di kelas V SD hendaklah dilakukan secara rutin.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 10 Jan 2012 04:29
Last Modified: 09 Sep 2012 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/104134

Actions (login required)

View Item View Item