Alfandi, Huda (2012) Persepsi guru tentang kepemimpinan kepala sekolah di MI Kecamatan Pakisaji Malang / Huda Alfandi. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Kata Kunci Persepsi Guru Kepemimpinan Kepala Sekolah Kecamatan Pakisaji Persepsi guru adalah proses penafsiran seorang guru terhadap stimulus yang diterimanya dengan menginterpretasikan kesan-kesan sensorinya untuk memberi makna tertentu terhadap lingkungannya. Kepemimpinan Kepala Sekolah adalah kemampuan seorang pemimpin untuk mempengaruhi dan menggerakkan orang lain untuk bekerjasama mencapai suatu tujuan kelompok (sekolah) yang diwujudkan dengan penguasaan tujuh komponen yaitu edukator manajer administrator supervisor leader inovator dan motivator bagi guru. Dalam hal kompetensi yang harus dimiliki kepala sekolah pemerintah telah membuat kebijakan-kebijakan yang berkenaan dengan kompetensi kepala sekolah tersebut. Di lingkungan Kementerian Pendidikan Nasional telah cukup lama dikembangkan paradigma baru manajemen pendidikan dimana kepala sekolah minimal haruslah mampu berfungsi sebagai edukator manager administrator supervisor leader innovator dan motivator disingkat EMASLIM . Namun kenyataan di lapangan tidak semua kepala sekolah mampu memanifestasikan kepemimpinannya sebagai EMASLIM pada sekolah yang dipimpinnya. Masih banyak kepala sekolah yang tidak dapat menjalankan kepemimpinannya secara utuh dan maksimal. Tujuan penelitian secara rinci adalah mendeskripsikan (1) presepsi guru tentang kepemimpinan kepala sekolah di MI Kecamatan Pakisaji (2) presepsi guru tentang kepemimpinan kepala sekolah di MI Kecamatan Pakisaji dalam fungsinya sebagai educator (3) presepsi guru tentang kepemimpinan kepala sekolah di MI Kecamatan Pakisaji dalam fungsinya sebagai manajer (4) presepsi guru tentang kepemimpinan kepala sekolah di MI Kecamatan Pakisaji dalam fungsinya sebagai administrator (5) presepsi guru tentang kepemimpinan kepala sekolah di MI Kecamatan Pakisaji dalam fungsinya sebagai supervisor (6) presepsi guru tentang kepemimpinan kepala sekolah di MI Kecamatan Pakisaji dalam fungsinya sebagai leader (7) presepsi guru tentang kepemimpinan kepala sekolah di MI Kecamatan Pakisaji dalam fungsinya sebagai Inovator dan (8) presepsi guru tentang kepemimpinan kepala sekolah di MI Kecamatan Pakisaji dalam fungsinya sebagai motivator. Penelitian ini dilakukan di Madrasah Ibtidaiyah kecamatan Pakisaji Kabupaten Malang dengan menggunakan rancangan penelitian deskriptif kuantitatif. Pengumpulan data dilakukan dengan metode angket. Hasil penelitian ini menunjukkan adanya persepsi guru tentang kepemimpinan kepala sekolah di MI kecamatan Pakisaji ditinjau dari aspek edukator manager administrator supervisor leader innovator dan motivator pada umumnya memiliki persepsi yang baik.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 10 Jan 2012 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2012 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/104133 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |