Peningkatan hasil belajar matematika melalui model NHT (Numbered Heads Together) pada siswa kelas V SDN I Wajakkidul Kabupaten Tulunggung / Yeni Farida - Repositori Universitas Negeri Malang

Peningkatan hasil belajar matematika melalui model NHT (Numbered Heads Together) pada siswa kelas V SDN I Wajakkidul Kabupaten Tulunggung / Yeni Farida

Farida, Yeni (2012) Peningkatan hasil belajar matematika melalui model NHT (Numbered Heads Together) pada siswa kelas V SDN I Wajakkidul Kabupaten Tulunggung / Yeni Farida. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata kunci hasil belajar matematika model nht (numbered heads together) Pembelajaran matematika Kelas V di SDN I Wajakkidul disajikan oleh guru sebagai pelajaran yang tidak menarik. Berdasarkan nilai tes pada pembelajaran pra tindakan terdapat 11 siswa dari 17 siswa yang tidak memenuhi KKM. Individualisme siswa juga cukup tinggi. Model pembelajaran yang digunakan guru konvensional sehingga menimbulkan kebosanan siswa untuk belajar. Oleh karena itu diperlukan penerapan model pembelajaran kooperatif yang mampu menumbuhkan aktivitas siswa sekaligus mampu meningkatkan hasil belajar siswa. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan penerapan dan peningkatan hasil belajar siswa dengan diterapkannya model pembelajaran NHT (Numbered Heads Together) pada mata pelajaran matematika. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis Penelitian Tindakan Kelas (PTK) menggunakan model siklus yang terdiri dari 4 tahapan yaitu perencanaan pelaksanaan pengamatan dan refleksi. Penelitian ini dilakukan di SDN I Wajakkidul Kabupaten Tulungagung. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan teknik pengamatan dokumentasi dan tes. Instrumen yang digunakan adalah lembar pengamatan guru dan siswa pedoman tes dan kamera. Data dan sumber data yang digunakan adalah data hasil kegiatan siswa data hasil observasi kemampuan guru dan data hasil belajar matematika melalui model NHT (Numbered Heads Together) siswa kelas V SDN I Wajakkidul. Berdasarkan hasil penelitian presentase nilai kemampuan guru dalam menggunakan model NHT (Numberred Heads Together) pada siklus I adalah 83 35% sedangkan pada siklus II 90 75%. Pada siklus I nilai rata-rata kegiatan siswa adalah 75 9 dan pada siklus II adalah 88. Hasil belajar siswa dari tahap pra tindakan hingga pelaksanaan siklus II telah meningkat. Pada tahap pra tindakan ketuntasan hasil belajar siswa adalah 35 3%. Untuk pembelajaran siklus I hasil belajar siswa dalam pembelajaran siklus I yang dilakukan peneliti ketuntasan belajar siswa adalah 70 6%. Pada pembelajaran siklus I mengalami peningkatan dari pra tindakan. Pada pembelajaran siklus II ketuntasan belajar siswa adalah 94 1%. Pada pembelajaran siklus II mengalami peningkatan dari siklus I sebesar 23 5%. Kesimpulan dari penelitian ini adalah penerapan model NHT (Numberred Heads Together) pada pembelajaran matematika materi bilangan bulat dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas V SDN I Wajakkidul Kabupaten Tulungagung. Untuk itu guru hendaknya menerapkan model yang tepat untuk pembelajaran matematika seperti model NHT (Numberred Heads Together) untuk materi lainnya agar hasil belajar siswa bisa terus meningkat dengan baik.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 09 Jan 2012 04:29
Last Modified: 09 Sep 2012 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/104129

Actions (login required)

View Item View Item