Peningkatan kemampuan memahami sis bacaan melalui teknik pembelajaran survey, question, read, recite, review (SQ3R) di kelas V SDN Kepanjenlor 3 kota Blitar / Anita Mufidah - Repositori Universitas Negeri Malang

Peningkatan kemampuan memahami sis bacaan melalui teknik pembelajaran survey, question, read, recite, review (SQ3R) di kelas V SDN Kepanjenlor 3 kota Blitar / Anita Mufidah

Mufidah, Anita (2012) Peningkatan kemampuan memahami sis bacaan melalui teknik pembelajaran survey, question, read, recite, review (SQ3R) di kelas V SDN Kepanjenlor 3 kota Blitar / Anita Mufidah. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata Kunci meningkatkan kemampuan memahami isi bacaan SQ3R Membaca merupakan salah satu faktor penting dalam menunjang pembe-lajaran siswa. Untuk meningkatkan pembelajaran membaca dilakukan dengan menerapkan teknik SQ3R . Penelitian ini bertujuan (1) mendeskripsikan pelaksa-naan pembelajaran memahami isi bacaan dengan menggunakan teknik SQ3R di kelas V SDN Kepanjenlor 3 Kota Blitar (2) mendeskripsikan penerapan teknik SQ3R dapat meningkatkan aktivitas belajar siswa di kelas V SDN Kepanjenlor 3 Kota Blitar. Penelitian ini dilaksanakan pada tanggal 24 Oktober 2011 sampai dengan 17 Nopember 2011 di SDN Kepanjenlor 3 kota Blitar. Masalah yang diteliti pada penelitian ini adalah tentang (1) Bagaimanakah pelaksanaan pembelajaran memahami isi bacaan dengan menggunakan teknik SQ3R di kelas V SDN Kepanjenlor 3 Kota Blitar (2) Apakah dengan penerapan teknik SQ3R dapat meningkatkan aktivitas belajar siswa di kelas V SDN Kepanjenlor 3 Kota Blitar Rancangan penelitian dilakukan melalui dua siklus. Setiap siklus terdiri dari dua pertemuan. Masing-masing pertemuan terdiri dari perencanaan tindakan pelaksanaan tindakan pengamatan/observasi dan refleksi. Analisis data penelitian ini adalah analisis data kualitatif. Berdasarkan hasil observasi dalam pembelajaran memahami isi bacaan siswa belum mencapai ketuntasan yang ditentukan oleh sekolah. Kriteria Ketun-tasan Minimal dari sekolah adalah 66 sedangkan pada tahap pratindakan menda-patkan ketuntasan belajar secara klasikal mencapai 23%. Namun dengan menggu-nakan teknik SQ3R dalam pembelajaran siswa mampu mencapai ketuntasan belajar secara klasikal yaitu 32% pada siklus I dan 86% pada siklus II. Berdasarkan hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan teknik SQ3R dapat meningkatkan belajar membaca siswa. Dari penelitian ini dapat disarankan bagi para guru untuk menggunakan teknik SQ3R pada pembelajaran memahami isi bacaan supaya dapat meningkatkan belajar siswa di SDN Kepanjenlor kota Blitar.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: library UM
Date Deposited: 09 Jan 2012 04:29
Last Modified: 09 Sep 2012 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/104128

Actions (login required)

View Item View Item