Peningkatan kemampuan menggunakan huruf kapital dalam menulis kalimat sederhana melalui media kartu huruf pada siswa kelas II SDN Mangliawan 02 Malang / Wahyu Dwi Anggraeni

Anggraeni, Wahyu Dwi (2012) Peningkatan kemampuan menggunakan huruf kapital dalam menulis kalimat sederhana melalui media kartu huruf pada siswa kelas II SDN Mangliawan 02 Malang / Wahyu Dwi Anggraeni. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata Kunci : peningkatan, penggunaan huruf kapital, media kartu huruf. Kemampuan menggunakan huruf kapital dalam menulis kalimat sederhana merupakan salah satu kompetensi dasar yang perlu dipelajari siswa kelas II. Penggunaan huruf kapital yang diajarkan harus sesuai dengan EYD. Seperti yang telah diatur dalam Keputusan Menteri P dan K Republik Indonesia No. 0543a/U/1987. Namun pada pengamatan awal yang telah dilakukan peneliti pada siswa kelas IIA SDN Mangliawan 02 Malang, banyak siswa yang masih belum menguasai materi penggunaan huruf kapital. Hasil pre test menunjukkan nilai rata-rata kelas mencapai 59,97. Berawal dari hasil pre test tersebut, peneliti berupaya untuk meningkatkan kemampuan menggunakan huruf kapital dalam menulis kalimat sederhana melalui media kartu huruf. Kartu huruf digunakan oleh peneliti karena dianggap media ini adalah media yang paling sesuai untuk digunakan dalam upaya meningkatkan kemampuan menggunakan huruf kapital dalam menulis kalimat sederhana pada siswa kelas II. Kartu huruf merupakan suatu media pembelajaran berupa kartu yang berisi tulisan huruf di dalamnya. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui bagaimana penggunaan media kartu huruf dalam meningkatkan kemampuan menggunakan huruf kapital dalam menulis kalimat sederhana di kelas II SDN Mangliawan 02 Malang dan apakah penggunaan media kartu huruf dapat meningkatkan kemampuan menggunakan huruf kapital dalam menulis kalimat sederhana siswa kelas II SDN Mangliawan 02 Malang. Penelitian ini menggunakan rancangan PTK dengan langkah-langkah perencanaan, tindakan, pengamatan, refleksi dan observasi. Teknik pengumpulan data yang dilakukan yaitu observasi, wawancara, tes dan dokumentasi. Instrumen yang digunakan menggunakan pedoman observasi, pedoman wawancara, soal tes, dan foto. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran penggunaan huruf kapital dengan menggunakan media kartu huruf dapat meningkatkan kemampuan menggunakan huruf kapital dalam menulis kalimat sederhana pada siswa kelas II SDN Mangliawan 02 Malang. Peningkatan kemampuan tersebut dinilai dari hasil evaluasi siswa yang mengalami peningkatan. Hasil pre test siswa mencapai 59,97, pada siklus I mencapai 69,38 dan pada siklus II mencapai 84,22. Dari paparan data di atas, dapat disimpulkan bahwa penggunaan media kartu huruf dapat meningkatkan kemampuan menggunakan huruf kapital siswa kelas II SDN Mangliawan 02 Malang. Saran bagi guru SD untuk menggunakan media kartu huruf dalam proses pembelajaran Bahasa Indonesia pada materi membaca dan menlis permulaan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Jurusan Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 09 Jan 2012 04:29
Last Modified: 09 Sep 2012 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/104127

Actions (login required)

View Item View Item