Penerpan model pembelajaran cooperative integrated reading and compsition (CIRC) untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran PKn kelas V SDN Balearjosari 2 Malang / Puguh Hadi Ismanto - Repositori Universitas Negeri Malang

Penerpan model pembelajaran cooperative integrated reading and compsition (CIRC) untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran PKn kelas V SDN Balearjosari 2 Malang / Puguh Hadi Ismanto

Ismanto, Puguh Hadi (2012) Penerpan model pembelajaran cooperative integrated reading and compsition (CIRC) untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran PKn kelas V SDN Balearjosari 2 Malang / Puguh Hadi Ismanto. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata Kunci CIRC Aktivitas Belajar Hasil Belajar PKn SD Pembelajaran PKn sangat penting bagi anak karena membentuk watak dan karakteristik warga negara yang baik.Berdasarkan dokumentasi nilai rata-rata nilai PKn siswa adalah 52 56 ketuntasan klasikal hanya 43 76 % hal ini masih di bawah ketuntasan individu yaitu 65 dan ketuntaan klasikal 70 %. Berdasarkan observasi awal siswa kelas V SDN Balearjosari 2 cenderung pasif dalam pembelajaran PKn. Hal ini dikarenakan pembelajaran masih menggunakan cara tradisional/konvensional. Metode yang digunakan lebih banyak ceramah sehingga guru berperan aktif dalam pembelajaran dan siswa cenderung menghafal materi. Oleh karena itu diperlukan sebuah sebuah model pembelajaran CIRC. Penelitian ini bertujuan untuk (1) mendeskripsikan penerapan model pembelajaran CIRC pada pembelajaran PKn siswa kelas V SDN Balearjosari 2 (2) mendiskripsikan peningkatan aktivitas siswa kelas V SDN Balearjosari 2 melalui penerapan model pembelajaran CIRC (3) mendeskripsikan peningkatan hasil belajar PKn siswa kelas V SDN Balearjosari 2 melalui penerapan model pembelajaran CIRC. Rancangan yang digunakan dalam penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan pendekatan deskriptif kualitatif model kolaboratif partisipatoris. Subyek penelitian adalah siswa kelas V SDN Balearjosari 2 meliputi 2 siklus. Setiap siklus terdiri dari 4 tahap yaitu perencanaan tindakan observasi dan refleksi. Empat tahap tersebut merupakan langkah berurutan dalam satu siklus dan berhubungan dengan siklus berikutnya. Instrumen pengumpulan data yang digunakan adalah dengan observasi wawancara dokumentasi dan tes. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan CIRC dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar PKn. Aktivitas siswa meningkat. Siswa lebih aktif dan antusias selama proses pembelajaran ini terlihat dari rata-rata nilai aktivitas siswa pada siklus I adalah 68 80 menjadi 72 50 pada siklus II. Dari nilai pratindakan rata-rata 52 56 meningkat pada siklus I menjadi 69 28 dan meningkat menjadi 73 65 pada siklus II. Berdasarkan hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa penerapan CIRC dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar PKn pokok bahasan NKRI siswa kelas V SDN Balearjosari Malang. Penerapan model pembelajaran CIRC dilakukan dengan guru menjelaskan materi dengan singkat siswa saling membacakan wacana dan menemukan ide pokok dan siswa mengerjakan soal evaluasi. Saran CIRC dapat diterapkan dikelas tinggi dengan kompetensi dasar yang lain serta pembagian kelompok dibagi secara heterogen.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: library UM
Date Deposited: 09 Jan 2012 04:29
Last Modified: 09 Sep 2012 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/104125

Actions (login required)

View Item View Item