Peningkatan pembelajaran matematika melalui pemodelan alat peraga di kelas IV SDN Karangsono 02 Kabupaten Blitar / Ita Nurhayati - Repositori Universitas Negeri Malang

Peningkatan pembelajaran matematika melalui pemodelan alat peraga di kelas IV SDN Karangsono 02 Kabupaten Blitar / Ita Nurhayati

Nurhayati, Ita (2012) Peningkatan pembelajaran matematika melalui pemodelan alat peraga di kelas IV SDN Karangsono 02 Kabupaten Blitar / Ita Nurhayati. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata Kunci pembelajaran pemodelan alat Peraga kelipatan faktor Penelitian ini mengamati hasil belajar siswa dengan menggunakan pemodelan alat peraga kartu angka dalam pembelajaran matematika Kelas IV di SDN Karangsono 02. Penelitian dalam penulisan ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana proses pembelajaran dan cara meningkatkan hasil belajar siswa dengan menggunakan pemodelan alat peraga kartu angka dalam pembelajaran matematika Kelas IV SDN Karangsono 02 Kabupaten Blitar. Berdasarkan hasil pengamatan penulis masih banyak siswa yang kurang aktif serta kurangnya guru dalam pengelolaan kelas dalam kegiatan belajar belajar. Sehingga siswa terlihat ramai dalam kegiatan pembelajaran. Guru masih terlalu monoton dalam pembelajaran sehingga siswa merasa jenuh dan mencari kesibukan sendiri dengan bermain bersama teman sebangkunya. Tapi dengan menggunakan pemodelan alat peraga kartu angka dalam pembelajaran matematika dengan materi Kelipatan dan Faktor Bilangan menjadi lebih menyenangkan dan tidak membosankan. Terlihat dari sikap antusias siswa dalam melakukan kegiatan pemodelan alat peraga kartu angka. Dengan menggunakan pemodelan alat peraga kartu angka motivasi dan hasil belajar siswa menjadi meningkat. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil belajar siswa mengalami peningkatan yaitu mulai dari pra tindakan hanya 19% yang tuntas pada siklus I pertemuan pertama 37% pertemuan kedua 62% pada siklus II pertemuan pertama 69% pertemuan kedua 87%. Pada siklus II ini sudah mencapai ketuntasan belajar di atas 75% sehingga kegiatan penelitian dihentikan. Dampak dari penggunaan pemodelan alat peraga kartu angka ini dapat meningkatkan tingkat aktivitas belajar siswa hasil belajar siswa standar nilai ketuntasan belajar siswa dan cara menerapkan pembelajaran dengan menggunakan pemodelan alat peraga kartu angka. Berdasarkan hasil penelitian ini disarankan agar dalam pembelajaran matematika dengan materi Kelipatan dan Faktor Bilangan guru hendaknya menggunakan strategi pembelajaran yang bervariasi salah satunya yaitu dengan menggunakan pemodelan alat peraga. Dengan menggunakan strategi pembelajaran yang bervariasi bertujuan untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa. Sehingga tujuan belajar mengajar akan tercapai dengan baik.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 09 Jan 2012 04:29
Last Modified: 09 Sep 2012 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/104124

Actions (login required)

View Item View Item