Penerapan model group investigation untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar IPA siswa kelas V SDN Jabung 1 Kab. Malang / Dwi Setyo Muji Lestari - Repositori Universitas Negeri Malang

Penerapan model group investigation untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar IPA siswa kelas V SDN Jabung 1 Kab. Malang / Dwi Setyo Muji Lestari

Lestari, Dwi Setyo Muji (2012) Penerapan model group investigation untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar IPA siswa kelas V SDN Jabung 1 Kab. Malang / Dwi Setyo Muji Lestari. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata Kunci Aktivitas Belajar Hasil Belajar IPA Model Group Investigation Berdasarkan hasil wawancara dan observasi yang dilakukan peneliti sebelum melaksanakan penelitian diperoleh informasi bahwa aktivitas dan hasil belajar siswa kelas V SDN Jabung 1 tahun pelajaran 2011/2012 masih tergolong rendah hal ini disebabkan karena dalam mengajar guru hanya mengajarkan prosedur isi materi tanpa melibatkan siswa untuk ikut berpikir dalam menyelesaikan masalah maupun menemukan sendiri konsep-konsep baru. Pernyataan ini sesuai dengan kenyataan hasil ulangan pada ujian kenaikan kelas yang rata-ratanya 60 dan kenyataan ini menunjukkan hasil belajar siswa yang masih berada dibawah standar SKBM (Standar Ketuntasan Belajar Minimum) sekolah yaitu 65. Berdasarkan hal itu maka peneliti menganggap penting untuk menerapkan model pembelajaran Group Investigation untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar IPA siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan (1) Penerapan model Group Investigatian pada pembelajaran IPA siswa kelas V SDN Jabung 1 Kab. Malang (2) Penerapan Model Group Investigation terhadap aktivitas belajar siswa (3) Penerapan Model Group Investigation terhadap hasil belajar siswa . Penelitian ini menggunakan rancangan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam dua siklus masing-masing siklus terdiri dari 2 kali pertemuan. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan teknik observasi wawancara dokumentasi dan catatan lapangan serta tes untuk memperoleh data hasil belajar siswa. Data dianalisis secara deskriptif kualitatif dan data berupa angka sebagai pendukung. Berdasarkan penelitian yang telah dilaksanakan ditemukan hal-hal sebagai berikut (1) Penerapan model Group Investigation berhasil diterapkan dengan baik dengan perolehan skor akhir 87 dan masuk pada kategori taraf keberhasilan sangat baik. (2) Aktivitas belajar siswa meningkat dengan perolehan skor akhir 83 dan masuk pada kategori taraf keberhasilan sangat baik. (3) Hasil belajar siswa meningkat dengan perolehan rata-rata kelas adalah 72 dan sebanyak 32 siswa yang tuntas belajar. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penerapan model Group Investigation dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa. Saran yang dapat peneliti sampaikan adalah untuk menerapkan model Group Investigation pada siswa kelas tinggi karena penguasaan kelasnya akan lebih mudah. Sebaiknya mengaplikasikan pada materi IPA yang lain yang menuntut adanya analisis dan pemecahan masalah secara berkelompok

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: library UM
Date Deposited: 09 Jan 2012 04:29
Last Modified: 09 Sep 2012 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/104123

Actions (login required)

View Item View Item