Peningkatan kemampuan membaca pemahaman dalam pembelajaran bahasa Indonesia melalui strategi Directed Reading Thinking Activity (DRTA) pada siswa kelas V SDN 2 Durenan Kabupaten Trenggalek / Ratna Dwi Arini - Repositori Universitas Negeri Malang

Peningkatan kemampuan membaca pemahaman dalam pembelajaran bahasa Indonesia melalui strategi Directed Reading Thinking Activity (DRTA) pada siswa kelas V SDN 2 Durenan Kabupaten Trenggalek / Ratna Dwi Arini

Arini, Ratna Dwi (2012) Peningkatan kemampuan membaca pemahaman dalam pembelajaran bahasa Indonesia melalui strategi Directed Reading Thinking Activity (DRTA) pada siswa kelas V SDN 2 Durenan Kabupaten Trenggalek / Ratna Dwi Arini. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata kunci membaca pemahaman strategi DRTA Berdasarkan observasi awal yang dilakukan di kelas V SDN 2 Durenan Kabupaten Trenggalek dalam pembelajaran membaca pemahaman guru belum menerapkan metode maupun strategi pembelajaran yang tepat. Akibatnya sebagian besar siswa merasa bosan dan jenuh dalam mengikuti pembelajaran karena metode yang digunakan kurang menarik. Berdasarkan hasil observasi awal diketahui bahwa ketuntasan hasil belajar siswa hanya 31%. Untuk itulah diperlukan alternatif perbaikan dengan menerapkan strategi DRTA. Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui penerapan strategi DRTA untuk meningkatkan kemampuan membaca pemahaman siswa kelas V SDN 2 Durenan Kabupaten Trenggalek dan untuk mengetahui peningkatan kemampuan membaca pemahaman siswa kelas V SDN 2 Durenan Kabupaten Trenggalek melalui strategi DRTA. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan jenis penelitian yang digunakan adalah PTK yang terdiri dari dua siklus. Tiap siklus dilaksanakan dengan tahapan perencanaan pelaksanaan pengamatan dan refleksi. Pengumpulan data dilakukan dengan observasi dokumentasi catatan lapangan dan tes. Hasil penelitian diperoleh data sebagai berikut (1) nilai rata-rata aktivitas siswa dalam pembelajaran membaca pemahaman pada siswa kelas V SDN 2 Durenan Kabupaten Trenggalek pada tahap pratindakan sebesar 27 siklus I sebesar 67 dan siklus II sebesar 83 (2) pada penilaian hasil dalam pembelajaran membaca pemahaman pada siswa kelas V SDN 2 Durenan Kabupaten Trenggalek persentase ketuntasan belajar siswa pada tahap pratindakan sebesar 31% siklus I sebesar 64% dan siklus II sebesar 89%. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa pembelajaran membaca pemahaman melalui strategi DRTA dapat membantu siswa menentukan tingkat kemampuan memahami bacaan baik menentukan ide pokok paragraf menentukan tema bacaan menentukan unsur-unsur dalam cerita dan membuat ringkasan cerita. Pembelajaran membaca pemahaman dapat tercapai dengan menerapkan strategi DRTA. Untuk itu diharapkan guru menerapkan strategi DRTA dalam pembelajaran membaca pemahaman sehingga siswa akan tertarik untuk mengikuti pembelajaran dan pembelajaran dapat berhasil.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 09 Jan 2012 04:29
Last Modified: 09 Sep 2012 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/104122

Actions (login required)

View Item View Item