Peningkatan kemampuan siswa kelas V memaknai data hasil pengamatan dalam pembelajaran IPA melalui pendekatan PAKEM di SDN Garum 03 Kabupaten Blitar / Mohamad Bahrul Ulum - Repositori Universitas Negeri Malang

Peningkatan kemampuan siswa kelas V memaknai data hasil pengamatan dalam pembelajaran IPA melalui pendekatan PAKEM di SDN Garum 03 Kabupaten Blitar / Mohamad Bahrul Ulum

Ulum, Mohamad Bahrul (2012) Peningkatan kemampuan siswa kelas V memaknai data hasil pengamatan dalam pembelajaran IPA melalui pendekatan PAKEM di SDN Garum 03 Kabupaten Blitar / Mohamad Bahrul Ulum. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata Kunci kemampuan memaknai data pembelajaran IPA pendekatan PAKEM. Penelitian ini dilaksanakan berdasarkan hasil observasi di kelas V yang menunjukkan bahwa tingkat kemampuan siswa dalam memaknai data pada pembelajaran IPA masih kurang berkembang. Hal ini dikarenakan Selama pembelajaran berlangsung guru belum mengembangkan keterampilan proses memaknai data untuk membangun konsep. Tujuan dari penelitian ini yaitu (1) Mendeskripsikan pelaksanaan pembelajaran IPA kelas V pada pra tindakan (2) Mendeskripsikan kemampuan siswa kelas V dalam memaknai data pada pra tindakan (3) Mendeskripsikan pelaksanaan pembelajaran IPA melalui pendekatan PAKEM di kelas V (4) Mendeskripsikan kemampuan siswa kelas V memaknai data dalam pembelajaran IPA dengan pendekatan PAKEM pada tiap siklus dan (5) Mendeskripsikan peningkatan kemampuan siswa kelas V memaknai data dalam pembelajaran IPA dengan pendekatan PAKEM. Jenis penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Penelitian ini dilaksanakan dalam 2 siklus. Subjek penelitiannya adalah siswa kelas V yang berjumlah 20 siswa. Teknik pengumpulan data meliputi observasi tes dokumentasi dan catatan lapangan. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis data kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran pada tahap pratindakan belum mencapai keberhasilan Hal ini dapat dilihat dari skor rata-rata kemampuan memaknai data pada pembelajaran pratindakan hanya sebesar 11 dengan kualifikasi nilai sangat kurang baik (SKB). Penerapan pendekatan PAKEM pada pembelajaran IPA dilaksanakan melalui 2 siklus. Pada siklus I aktivitas siswa menggunakan pendekatan PAKEM mendapat skor 56 skor tersebut termasuk kualifikasi cukup baik. Pada siklus II skor aktivitas siswa menggunakan pendekatan PAKEM meningkat 15 poin menjadi 71 skor tersebut termasuk kualifikasi baik. Kemampuan siswa kelas V memaknai data dalam pembelajaran IPA dengan menggunakan pendekatan PAKEM mengalami peningkatan pada tiap siklus. perolehan skor rata-rata siswa yang mengalami peningkatan secara bertahap mulai dari siklus I dan siklus II. Dari siklus I ke siklus II mengalami peningkatan sebesar 20 poin dari skor 55 menjadi 75. Penerapan pendekatan PAKEM dalam pembelajaran IPA dapat meningkatkan kemampuan siswa dalam memaknai data. Hal ini terlihat dari skor rata-rata pelaksanaan PAKEM pada akhir siklus I mendapat skor 56 kemampuan memaknai data pada akhir siklus I mendapat skor rata-rata 55. Pada akhir siklus II skor rata-rata pelaksanaan PAKEM mengalami peningkatan skor sebesar 16 poin menjadi 71. Pada akhir siklus II skor kemampuan memaknai data mengalami peningkatan skor sebesar 20 poin menjadi 75 skor tersebut dalam kualifikasi baik. Guru disarankan dengan kesadaran dapat menerapkan pembelajaran yang di dalamnya terdapat pengalaman langsung sehingga siswa akan bekerja sambil belajar

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 09 Jan 2012 04:29
Last Modified: 09 Sep 2012 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/104121

Actions (login required)

View Item View Item