Peningkatan hasil belajar matematika melalui pembelajaran Realistic Mathematic Education (RME) pada siswa kelas IV SDN Pagerwojo 04 Kecamatan Kesamben Kabupaten Blitar / Rita Sahara - Repositori Universitas Negeri Malang

Peningkatan hasil belajar matematika melalui pembelajaran Realistic Mathematic Education (RME) pada siswa kelas IV SDN Pagerwojo 04 Kecamatan Kesamben Kabupaten Blitar / Rita Sahara

Sahara, Rita (2012) Peningkatan hasil belajar matematika melalui pembelajaran Realistic Mathematic Education (RME) pada siswa kelas IV SDN Pagerwojo 04 Kecamatan Kesamben Kabupaten Blitar / Rita Sahara. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata kunci Hasil Belajar Perkalian RME Pembelajaran matematika di SDN Pagerwojo 04 Kabupaten Blitar terdapat siswa yang memperoleh nilai dibawah KKM. Hal ini dapat dilihat dari hasil belajar siswa yang dapat tuntas hanya 33 33% atau ketutansan sejumlah 7 siswa dari 21 siswa. Sedangkan yang mengalami ketidaktuntasan belajar sebanyak 66 67 % atau sebanyak 14 siswa dari 21 siswa. Secara klasikal belum dapat dikatakan tuntas belajar karena siswa yang memperoleh nilai 70 keatas hanya sebesar 33 33% lebih kecil dari ketuntasan kelas yang ditetapkan sebesar 75%. Berkaitan dengan hal tersebut maka pembelajaran tentang materi pekalian dapat menerapkan inovasi baru bagi pembelajaran siswa di SD tersebut yaitu dengan model Realistic Mathematic Education (RME). Model tersebut dipilih karena diharapkan mampu meningkatan hasil belajar siswa tentang materi perkalian siswa kelas IV SDN Pagerwojo 04. Tujuan dari penelitian ini (1) Mendeskripsikan penerapan pembelajaran RME pada siswa kelas IV di SDN Pagerwojo 04 Kecamatan Kesamben Kabupaten Blitar (2) Mendeskripsikan peningkatan hasil belajar siswa kelas IV di SDN Pagerwojo 04 Kecamatan Kesamben Kabupaten Blitar Penelitian ini menggunakan jenis penelitian tindakan kelas (PTK). Subyek penelitian adalah siswa kelas IV. Dalam penelitian ini peneliti sebagai guru (pengajar) guru kelas (mitra peneliti) sebagai observer dan rekan mahasiswa sebagai pengambil foto dalam proses pembelajaran perkalian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan pembelajaran RME tentang perkalian pada kelas IV SDN Pagerwojo 04 Kecamatan Kesamben Kabupaten Blitar sangat baik. Hal ini dapat dibuktikan dengan adanya peningkatan hasil belajar siswa yang sangat baik pula. Presentase ketuntasan belajar siswa pada pra tindakan adalah 33 33% pada siklus I pertemuan I 52 4% Siklus II pertemuan II 66 67% dan siklus II pertemuan II 90 48%. Berdasarkan penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa penerapan model RME yang dilaksanakan dapat meningkatkan hasil belajar dalam pembelajaran perkalian siswa kelas IV SDN Pagerwojo 04Kabupaten Blitar. Untuk itu guru hendaknya menerapkan model yang inovatif seperti model RME agar siswa lebih aktif dan senang dalam mengikuti pembelajaran serta hasil belajar siswa dapat meningkat sehingga kualitas tujuan pembelajaran dapat meningkat.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 09 Jan 2012 04:29
Last Modified: 09 Sep 2012 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/104120

Actions (login required)

View Item View Item