Peningkatan hasil belajar PKn melalui model pembelajaran problem based instruction (PBI) pada siswa kelas IV SDN Jombok 01 Kabupaten Jombang / Fenti Ayuni Lestari - Repositori Universitas Negeri Malang

Peningkatan hasil belajar PKn melalui model pembelajaran problem based instruction (PBI) pada siswa kelas IV SDN Jombok 01 Kabupaten Jombang / Fenti Ayuni Lestari

Lestari, Fenti Ayuni (2012) Peningkatan hasil belajar PKn melalui model pembelajaran problem based instruction (PBI) pada siswa kelas IV SDN Jombok 01 Kabupaten Jombang / Fenti Ayuni Lestari. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata kunci hasil belajar PKn problem based Instruction (pbi) Penelitian ini bertolak dari hasil observasi yang telah dilakukan peneliti sehingga ditemukan adanya permasalahan dalam pembelajaran dimana guru menggunakan metode konvensional sehingga mengakibatkan rendahnya hasil belajar yaitu terdapat 15 siswa dari 27 siswa yang tidak tuntas dalam mata pelajaran PKn di SDN Jombok 01 Kabupaten Jombang khususnya kelas IV. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV dengan menerapkan Problem Based Instruction (PBI) dalam mata pelajaran PKn di SDN Jombok 01 Kabupaten Jombang. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dengan 2 siklus. Subyek dari penelitian ini adalah kelas IV di SDN Jombok 01 Kabupaten Jombang dengan jumlah 27 siswa. Setiap siklus PTK terdiri atas perencanaan tindakan pelaksanaan observasi dan refleksi. Instrumen penelitian yang digunakan adalah lembar laporan catatan lapangan soal tes dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah persentase ketercapaian PBI dan hasil belajar siswa (ranah kognitif). Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan persentase pada aktivitas belajar siswa dan hasil belajar setelah tindakan PBI dilakukan dari siklus I sampai siklus II. Aktivitas belajar siswa mengalami peningkatan dari setiap aspek yang meliputi asek merumuskan masalah menyusun hipotesis membuat argumen melakukan deduksi dan melakukan induksi. Ini terlihat dari banyaknya siswa yang mendapatkan skor 3 dari setiap aspek aktivitas siswa. Hasil belajar siswa untuk ranah kognitif juga mengalami peningkatan sebesar 29 7%. Persentase hasil belajar pada siklus I sebesar 40 7% dan pada siklus II sebesar 70 4%. Berdasarkan hasil penelitian maka dapat dikatakan bahwa penggunaan model Problem Based Instruction (PBI) dapat meningkatkan aktivitas siswa dan hasil belajar PKn siswa kelas IV SDN Jombok 01 Kabupaten Jombang. Dari hasil penelitian tersebut diharapkan agar senantiasa meningkatkan kualitas dan kinerjanya dengan menambah pengetahuan dan keterampilannya dalam menerapkan pembelajaran yang baru.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 09 Jan 2012 04:29
Last Modified: 09 Sep 2012 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/104119

Actions (login required)

View Item View Item