Penerapan model pembelajaran contextual teaching and learning untuk meningkatkan pembelajaran IPA kelas III SDN Punten I kota Batu / Arline Oktavia Jaya Sari - Repositori Universitas Negeri Malang

Penerapan model pembelajaran contextual teaching and learning untuk meningkatkan pembelajaran IPA kelas III SDN Punten I kota Batu / Arline Oktavia Jaya Sari

Sari, Arline Oktavia Jaya (2012) Penerapan model pembelajaran contextual teaching and learning untuk meningkatkan pembelajaran IPA kelas III SDN Punten I kota Batu / Arline Oktavia Jaya Sari. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata Kunci IPA pembelajaran CTL Dari observasi awal di SDN Punten 1 Kota Batu ditemukan bahwa pembelajaran IPA kelas III pada materi Kesehatan Lingkungan masih dilakukan guru secara konvensional. Hasil belajar siswa rata-rata masih tergolong rendah. Hal ini dapat dilihat dari hasil nilai ulangan siswa bahwa masih terdapat 16 siswa (55 2%) belum mencapai KKM yang telah ditetapkan yaitu 70. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan (1) pembelajaran dengan menerapkan model CTL di Kelas III SDN Punten 1 dalam pembelajaran IPA (2) peningkatan aktivitas siswa kelas III SDN Punten 1 dalam pembelajaran IPA dengan menerapkan model CTL (3) peningkatan hasil belajar siswa kelas III SDN Punten 1 dalam pembelajaran IPA dengan menerapkan model CTL Penelitian ini dilakukan di SDN Punten 1 Kota Batu dengan subyek siswa kelas III sebanyak 29 siswa yang terdiri dari 17 siswa laki-laki dan 12 siswa perempuan. Jenis penelitian yang digunakan adalah PTK (Penelitian Tindakan Kelas) yang dikembangkan oleh Kurt Lewin meliputi 4 tahap yaitu (1) perencanaan (2) tindakan (3) observasi dan (4) refleksi. Sedangkan teknik pengumpulan data menggunakan observasi dokumentasi dan tes. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model CTL pada pembelajaran IPA siswa kelas III mengalami peningkatan dari siklus I ke siklus II. Pada siklus I skor rata-rata keberhasilan tindakan adalah 84 7 dan pada siklus II adalah 96. Hasil aktivitas belajar siswa juga meningkat dari siklus I yang masih ada beberapa siswa yang berada pada kategori D dan C pada siklus II hampir semua siswa berada pada kategori B dan A. Hal ini dapat dibuktikan dari skor rata-rata hasil aktivitas siswa pada siklus I adalah 63 5 dan pada siklus II adalah 85. Selain meningkatkan aktivitas belajar juga meningkatkan hasil belajar siswa. Hal ini terbukti dari rata-rata hasil belajar siswa sebelumnya yaitu 63 1 pada siklus I meningkat menjadi 81 pada siklus II. Dari kegiatan siklus I dan siklus II dapat disimpulkan bahwa penerapan model CTL dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa. Adapun saran untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan seperti siswa ramai atau bermain sendiri guru harus lebih merata dalam mengelola kelas supaya seluruh siswa memperoleh perhatian yang sama. Selain itu guru sebaiknya lebih membimbing siswadalam melakukan percobaan dan untuk menyimpulkan hasil penemuannya sehingga konsep yang ditemukan siswa sesuai dengan tujuan pembelajaran yang ingin dicapai.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 09 Jan 2012 04:29
Last Modified: 09 Sep 2012 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/104117

Actions (login required)

View Item View Item