Peningkatan kemampuan berbicara melalui metode sosiodrama di kelas V SDN Sentul I kota Blitar / Wida Astu Mawanti - Repositori Universitas Negeri Malang

Peningkatan kemampuan berbicara melalui metode sosiodrama di kelas V SDN Sentul I kota Blitar / Wida Astu Mawanti

Mawanti, Wida Astu (2012) Peningkatan kemampuan berbicara melalui metode sosiodrama di kelas V SDN Sentul I kota Blitar / Wida Astu Mawanti. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata kunci keterampilan berbicara metode sosiodrama Pada observasi awal diperoleh data bahwa pada saat pembelajaran guru masih menggunakan metode yang konvensional. Selain itu dari data hasil belajar bahasa Indonesia menunjukkan bahwa siswa belum terbiasa berbicara dengan lancar. Keterampilan berbicara siswa yang rendah ini pada umumnya siswa tidak terbiasa berbicara dengan pelafalan dan intonasi yang benar.Hal ini mengakibatkan 73% siswa tidak mencapai KKM yang talah ditetapkan yaitu 70. Berdasarkan hal tersebut maka perlu diadakan penelitian yang bertujuan untuk (1) mendeskripsikan penerapan metode sosiodrama dalam meningkatkan keterampilan berbicara siswa kelas V SDN Sentul 1 Kota Blitar (2) mendeskripsikan peningkatan kemampuan berbicara siswa kelas V SDN Sentul 1 Kota Blitar melalui sosiodrama. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian deskriptif kualitatif. Jenis penelitian yang dipergunakan dalam penulisan skripsi ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif. Penelitian ini terdiri dari dua siklus. Tiap siklus dilaksanakan dengan tahapan sebagai berikut (1) perencanaan (2) pelaksanaan (3) pengamatan dan (4) refleksi. Sedangkan teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi wawancara tes dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pelaksanaan pembelajaran pemeranan tokoh drama melalui metode sosiodrama dapat meningkatkan keterampilan berbicara siswa kelas V SDN Sentul 1 yang ditunjukkan dengan nilai rata-rata pada pratindakan 61 33 pada siklus I 65 dan siklus II 74. Ketuntasan belajar pada pratindakan sebesar 27% siklus I sebesar 63% dan siklus II 95%. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa pembelajaran pemeranan tokoh drama dengan menggunakan metode sosiodrama dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Untuk itu disarankan agar guru menggunakan metode sosiodrama karena selain dapat meningkatkan keterampilan berbicara juga dapat meningktakan hasil belajar siswa.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: library UM
Date Deposited: 05 Jan 2012 04:29
Last Modified: 09 Sep 2012 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/104115

Actions (login required)

View Item View Item