Peningkatan hasil belajar matematika luas bangun datar siswa kelas V SDN 01 Lorejo Kabupaten Blitar melalui model penemuan terbimbing (Guide Discovery) / Linda Priyanti - Repositori Universitas Negeri Malang

Peningkatan hasil belajar matematika luas bangun datar siswa kelas V SDN 01 Lorejo Kabupaten Blitar melalui model penemuan terbimbing (Guide Discovery) / Linda Priyanti

Priyanti, Linda (2012) Peningkatan hasil belajar matematika luas bangun datar siswa kelas V SDN 01 Lorejo Kabupaten Blitar melalui model penemuan terbimbing (Guide Discovery) / Linda Priyanti. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata Kunci hasil belajar luas bangun datar penemuan terbimbing Mata pelajaran matematika merupakan salah satu mata pelajaran yang diberikan mulai dari sekolah dasar untuk membekali siswa mempunyai kemampuan berfikir logis analitis sistematis kritis dan kreatif serta kemampuan bekerja sama. Pelaksanaan Pembelajaran matematika luas bangun datar siswa kelas V SDN 01 Lorejo terdapat beberapa kelemahan yang menyebabkan siswa memperoleh nilai dibawah KKM. Hal ini dapat dilihat dari kecapaian ketuntasan belajar siswa yang masih mencapai 21 4%. Berkaitan dengan hal tersebut maka pembelajaran matematika dengan materi luas bangun datar menerapkan inovasi pembelajaran yaitu model penemuan terbimbing (guided discovery).Model pembelajaran ini dipilih karena diharapkan dapat meningkatkan hasil belajar siswa tentang materi luas bangun datar siswa kelas V SDN 01 Lorejo. Penelitian ini dilaksanakan dengan tujuan untuk (1) mendeskripsikan penerapan model penemuan terbimbing (Guided Discovery) pada pembelajaran matematika luas bangun datar siswa kelas V SDN 01 Lorejo (2) mendeskripsikan peningkatkan hasil belajar matematika luas bangun datar siswa kelas V SDN 01 Lorejo. Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian dsikriptif kualitatif dengan jenis penelitian tindakan kelas (PTK). Subyek penelitian adalah siswa V SDN 01 Lorejo. Data dalam penelitian ini adalah aktivitas guru dan siswa serta hasil belajar siswa pada akhir pembelajaran. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik observasi wawancara dan pemberian tes pada siswa. Kegiatan analisis data dimulai dari tahap reduksi data penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil analisis data diperoleh kesimpulan bahwa penerapan model pembelajaran penemuan terbimbing tentang luas bangun datar pada siswa kelas V SDN 01 Lorejo Kecamatan Bakung sangat baik. Aktifitas belajar siswa pada setiap siklus mengalami peningkatan pada siklus I hasil penilaian aktifitas belajar siswa mencapai 60% dan pada siklus II terjadi peningkatan aktifitas belajar siswa mencapai 83%. Kesimpulan dari hasil belajar siswa dalam pembelajaran penemuan terbimbing juga mengalami peningkatan. Persentase ketuntasan belajar siswa pada pra tindakan adalah 21 4% pada siklus I pertemuan 1 36% siklus I pertemuan 2 67 9% pada siklus II pertemuan 1 92 8% dan pada siklus II pertemuan 2 100%. Hasil kesimpulan menunjukan terjadinya peningkatan aktivitas belajar siswa dan hasil belajar. Dengan demikian disarankan kepada guru kelas V SDN 01 Lorejo Kecamatan Bakung untuk menggunakan model pembelajaran penemuan terbimbing dalam pembelajaran matematika khususnya pada materi luas bangun datar karena dengan menggunakan model penemuan terbimbing dapat meningkatkan aktivitas siswa dan hasil belajar siswa.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 05 Jan 2012 04:29
Last Modified: 09 Sep 2012 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/104113

Actions (login required)

View Item View Item