Novitasari, Niken Vidya (2012) Penerapan model pembelajaran concept mapping untuk meningkatkan prestasi belajar IPS pada siswa kelas 3 SDN I Pucungkidul Kabupaten Tulungagung / Niken Vidya Novitasari. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Kata kunci prestasi belajar IPS concept mapping Berdasarkan hasil observasi yang dilakukan oleh peneliti di kelas 3 pada waktu pembelajaran IPS adalah sebagai berikut (1) Siswa kurang antusias dalam mengikuti pembelajaran hal itu karena pembelajaran masih bersifat konvensional yaitu guru aktif memberikan materi melalui metode ceramah (2) guru tidak menggunakan media pembelajaran (3) proses pembelajaran yang belum mengoptimalkan pengembangan potensi siswa dalam pembelajaran (4) nilai mata pelajaran IPS masih rendah hanya 14% yang memperoleh nilai di atas KKM hal itu dikarenakan siswa belum sepenuhnya menguasai konsep dari materi yang telah dipelajari. Berdasarkan pengamatan yang dilakukan terhadap proses pembelajaran IPS peneliti berusaha agar dapat meningkatkan hasil belajar siswa dan tercapainya tujuan pembelajaran dengan menerapkan model pembelajaran concept mapping. Rumusan masalah penelitian ini (1) Bagaimana penerapan model pembelajaran Concept Mapping pada mata pelajaran IPS siswa kelas 3 SDN I Pucungkidul Kabupaten Tulungagung (2) Apakah dengan penerapan model pembelajaran Concept Mapping dapat meningkatkan prestasi belajar IPS siswa kelas 3 SDN I Pucungkidul Kabupaten Tulungagung Penelitian ini menggunakan jenis penelitian tindakan kelas (PTK) yang terdiri dari 4 tahap yaitu perencanaan tindakan observasi dan refleksi. Subyek penelitian adalah siswa kelas 3. Dalam penelitian ini peneliti sebagai guru (pengajar) guru kelas (mitra peneliti) sebagai observer dan rekan mahasiswa sebagai pengambil foto dalam proses pembelajaran perkalian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran concept mapping pada kelas 3 SDN 1 Pucungkidul Kecamatan Boyolangu Kabupaten Tulungagung berhasil. Hal ini dapat dilihat dari peningkatan hasil belajar siswa dari siklus I ke siklus II. Nilai rata-rata siswa pada siklus I adalah 67 dan pada siklus II adalah 80. Ketuntasan belajar klasikal pada siklus I adalah 46 43% dan pada siklus II adalah 78 57%. Berdasarkan hasil kesimpulan disarankan kepada guru kelas 3 SDN 1 Pucungkidul Kecamatan Boyolangu Kabupaten Tulungagung untuk menggunakan model pembelajaran concept mapping dalam pembelajaran IPS khususnya pada materi lingkungan dan dalam pembelajaran yang lain pada umumnya agar hasil belajar siswa meningkat dan lebih optimal.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 05 Jan 2012 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2012 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/104112 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |