Penggunaan model permainan berbasis teori dienes untuk meningkatkan pemahaman konsep perkalian pada siswa kelas II SDN Dadaprejo 01 Batu / Dwi Nastiti Lestari - Repositori Universitas Negeri Malang

Penggunaan model permainan berbasis teori dienes untuk meningkatkan pemahaman konsep perkalian pada siswa kelas II SDN Dadaprejo 01 Batu / Dwi Nastiti Lestari

Lestari, Dwi Nastiti (2012) Penggunaan model permainan berbasis teori dienes untuk meningkatkan pemahaman konsep perkalian pada siswa kelas II SDN Dadaprejo 01 Batu / Dwi Nastiti Lestari. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata Kunci Model Permainan Teori Dienes Konsep Perkalian Kelas II SD Penelitian ini bertujuan untuk (1) Mendeskripsikan penggunaan model permainan berbasis teori Dienes pada materi perkalian di kelas II A SDN Dadaprejo 01 Batu dan (2) Mendeskripsikan peningkatan pemahaman konsep perkalian setelah diterapkan model permainan berbasis teori Dienes pada siswa kelas II A SDN Dadaprejo 01 Batu. Penelitian ini dirancang dengan menggunakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) kolaboratif yang terdiri dari 2 siklus. Setiap siklus mellui 4 tahapan yang dikemukakan oleh Kurt Lewin antara lain (1) planning (2) acting (3) observasing dan (4) refrecting. Subyek yang dikenai tindakan yaitu seluruh siswa kelas II A SDN Dadaprejo 01 Batu dengan banyak 21 siswa. Data dalam penelitin ini diambil dari hasil tes hasil observasi dan hasil catatan lapangan. Hasil penelitian dikemukakan sebgai berikut (1) Pengguanaan model permainan berbasis teori Dienes pada materi perkalian di kelas II A SDN Dadaprejo 01 Batu menggunakan lima tahapan teori Dienes antara lain (a) tahap bermain bebas (free play) (b) tahap permainan (games) (c) tahap penelaahan kesamaan sifat (searching for communities) (d) tahap representasi (representasion) dan (e) tahap simbolisasi (symbolism) (2) Pemahaman konsep perkalian kelas II A setelah diberikan tindakan dengan penggunaan model permainan berbasis teori Dienes meningkat yang terlihat dari peningkatan presentase keberasilan siswa sebesar 33% dari pra tindakan ke tindakan siklus I dan 28% dari siklus I ke siklus II. Saran dari peneliti ini dikemukakan sebagai berikut (1) Pembelajaran dengan model permainan berbasis teori Dienes yan menggunakan 5 tahapan teori Dienes layak dipertimbangkan menjadi bentuk pembelajaran alternatif untuk konsep perkalian karena siswa kelas rendah sekolah dasar masih menyukai permainan (2) Bagi guru disarankan hendaknya menggunakan model permainan berbasis teori Dienes pada materi perkalian untuk kelas II selanjutnya (3) bagi peneliti lain yang akan menerapkan model permainan berbasis teori Dienes pada materi perkalian siswa kelas II disarankan untuk (a)Menggunakan media benda konkret pada setiap siklus (b) Menggunakan media benda konkret bermacam-macam agar siswa merasa senang (c) Membatasi kegiatan siswa tanpa mematikan kretivitas siswa untuk berkreasi menemukan pengetahuan baru pada setiap tahap permainan yang dilalui untuk menjaga alokasi waktu.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 05 Jan 2012 04:29
Last Modified: 09 Sep 2012 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/104111

Actions (login required)

View Item View Item