Penerapan pendekatan heuristik IV untuk meningkatkan kemampuan siswa menyelesaikan masalah matematika klas V A SDN Penanggungan / Widawati - Repositori Universitas Negeri Malang

Penerapan pendekatan heuristik IV untuk meningkatkan kemampuan siswa menyelesaikan masalah matematika klas V A SDN Penanggungan / Widawati

Widawati (2012) Penerapan pendekatan heuristik IV untuk meningkatkan kemampuan siswa menyelesaikan masalah matematika klas V A SDN Penanggungan / Widawati. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata Kunci matematika pendekatan heuristik IV peningkatan kemampuan pemecahan masalah Matematika merupakan salah satu bidang ilmu yang mempelajari tentang hitungan yang di dalamnya terdapat konsep materi dan operasi hitung yang dituangkan dalam simbol-simbol. Matematika merupakan ilmu pasti yang rumus dan perhitungannya selalu sama tidak menimbulkan kerancuan (ambigu) dalam hasil akhirnya. Ciri utama matematika adalah penalaran deduktif dan induktif . Berdasarkan hasil observasi pada pembelajaran rendahnya aktivitas dan kasil belajar materi kecepatan di kelas VA SDN Penanggungan Malang disebabkan pembelajaran pembelajaran kurang menarik. Kurang bervariasinya metode maupun dalam KBM berdampak pada minimnya pemahaman konsep siswa terutama konsep kecepatan . Untuk meningkatkan kemampuan siswa peneliti menggunakan pendekatan Heuristik IV. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas VA SDN Penanggungan Malang dengan jumlah 35 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi lembar penilaian proses lembar kegiatan (LK) lembar penilaian observasi dan soal evaluasi individu. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan aktivitas hasil belajar siswa kelas VA SDN Penanggungan Malang pada materi kecepatan . Pada siklus 1 hasil belajar siswa mencapai 69 3%. Pembelajaran pada siklus 1 belum berhasil sebab belum mencapai ketuntasan kelas (kelompok) minimal (75%). Hasil belajar pada siklus 2 sebesar 82 5%. Hasil ini sudah mencapai ketuntasan kelas (kelompok) minimal. Dengan demikian penerapan pendekatan Heuristik IV dapat meningkatkan hasil belajar kecepatan di kelas VA SDN Penanggungan Malang sebesar 13 2%. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan dapat disimpulkan bahwa penerapan pendekatan Heuristik IV berhasil diterapkan pada siswa kelas VA SDN Penanggunan Malang untuk meningkatkan kemampuan menyelesaikan masalah. Disarankan bagi peneliti yang lain penelitian ini dapat dijadikan pedoman dan acuan dalam penelitian selanjutnya sehingga hasilnya dapat dijadikan pedoman dan pengembangan profesi serta meningkatkan hasil belajar siswa.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 05 Jan 2012 04:29
Last Modified: 09 Sep 2012 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/104110

Actions (login required)

View Item View Item