Gender representation in a English texbook ÔÇ£When English Rings a BellÔÇØ for eighth graders of junior high school / Gilang Dwi Ramadhan - Repositori Universitas Negeri Malang

Gender representation in a English texbook ÔÇ£When English Rings a BellÔÇØ for eighth graders of junior high school / Gilang Dwi Ramadhan

Ramadhan, Gilang Dwi (2018) Gender representation in a English texbook ÔÇ£When English Rings a BellÔÇØ for eighth graders of junior high school / Gilang Dwi Ramadhan. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Ramadhan Gilang Dwi. Gender Representation in an English Textbook When English Rings a Bell for Eighth Graders of Junior High School. Skripsi Pendidikan Bahasa Inggris Fakultas Sastra Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Nur Hayati S.Pd M.Ed. (II) Drs. Andi Muhtar M.A. Kata kunci Analisis Buku Paket Representasi Gender Sekolah Menengah Pertama Terkait pengajaran Bahasa Inggris siswa bisa mempelajarinya melalui buku paket yang juga memaparkan bahasa sebagai kumpulan ide. Buku paket Bahasa Inggris oleh karena itu juga bisa bertindak sebagai kurikulum tersembunyi (Cunningsworth 1995 90). Dengan kata lain buku dapat menjadi alat yang kuat untuk membentuk perspektif siswa terkait ide - ide tertentu. Salah satu isu penting adalah representasi perempuan dan laki - laki di buku yang seringkali tidak setara (Bahman Rahimi 2010). Penelitian ini bertujuan untuk menginvestigasi representasi gender di buku paket Bahasa Inggris yang digunakan di Indonesia. Untuk melakukan penelitian ini buku paket Bahasa Ingris yang diterbitkan oleh pemerintah dianalisis berdasarkan lima aspek representasi gender yang mencakup sex visibility firstness gender generic terms occupations dan activities. Buku paket yang dipilih berjudul When English Rings a Bell untuk murid kelas delapan Sekolah Menengah Pertama. Jadi penelitian ini berfokus pada analisis konten yang merupakan penelitian kualitatif. Untuk aspek sex visibility temuan penelitian ini menunjukkan bahwa laki laki mendapatkan tingkat visibilitas yang lebih besar daripada perempuan dengan selisih sebesar 6%. Karakter laki - laki juga muncul lebih sering ketimbang karakter perempuan di ilustrasi gambar. Untuk aspek firstness representensi gender juga tidak seimbang karena pasangan kata lelaki pertama lebih banyak daripada pasangan kata perempuan pertama. Untuk gender generic terms ditemukan hanya dua penggunaan istilah yang bermasalah yaitu policemen dan chairman. Kata kata itu sebenarnya dapat diganti dengan istilah yang lebih netral yaitu police officers dan chairperson. Untuk occupations atau aspek pekerjaan delapan jenis pekerjaan ditemukan di buku paket dan enam di antaranya ditujukan untuk laki laki. Ini berarti bahwa laki - laki digambarkan mempunyai lebih banyak pilihan pekerjaan dari pada perempuan. Untuk activities atau aspek aktivitas sehari - hari ada 49 jenis aktivitas yang ditemukan dan 49% dari jumlah itu untuk perempuan sehingga selisihnyahanya 2%. Secara keseluruhan dari lima aspek representasi gender empat aspek yang meliputi sex visibility firstness gender generic terms dan occupations menunjukkan porsi representasi gender yang tidak seimbang denga nmenonjolkan laki - laki. Untuk aspek aktivitas representasi gendernya cukup seimbang. Temuan penelitian ini mengindikasikan bahwa pmerintah penulis buku guru dan berbagai pihak terkait masih harus menggalakkan kesadaran tentang kesetaraan gender di pendidikan khususnya di pendidikan Bahasa Inggris. Ketimpangan representasi gender dalam tingkat tertentu mengindikasikan apa yang terjadi di masyarakat dan perlakuan masyarakat terhadap perempuan dan laki - laki. Pendidikan harus menjadi jalan untuk menghapuskan ketimpangan ii gender. Buku harus ikut bagian dalam upaya ini mengingat peran pentingnya untuk guru dan siswa. Jadi rancangan penulisan buku harus diperhatikan dengan sungguh sungguh terutama berkaitan denganr presentasi gender di dalamnya. Untuk penelitian selanjutnya disarankan supaya peneliti menginvestigasi buku buku paket terbitan pemerintah yang sedang digunakan di berbagai jenjang pendidikan dan membuat perbandingan. iii

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Departemen Sastra Inggris (ING) > S1 Pendidikan Bahasa Inggris
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 03 Jul 2018 04:29
Last Modified: 09 Sep 2018 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/10411

Actions (login required)

View Item View Item