Pengaruh penerapan metode PQ4R (Priview, question, read, reflect, and review) terhadap keterampilan membaca teks bahasa Indonesia siswa kelas V SDN Pakisaji 03 Kecamatan Pakisaji Kabupaten Malang / Retno Anjar Risnawati - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh penerapan metode PQ4R (Priview, question, read, reflect, and review) terhadap keterampilan membaca teks bahasa Indonesia siswa kelas V SDN Pakisaji 03 Kecamatan Pakisaji Kabupaten Malang / Retno Anjar Risnawati

Risnawati, Retno Anjar (2012) Pengaruh penerapan metode PQ4R (Priview, question, read, reflect, and review) terhadap keterampilan membaca teks bahasa Indonesia siswa kelas V SDN Pakisaji 03 Kecamatan Pakisaji Kabupaten Malang / Retno Anjar Risnawati. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata Kunci Metode PQ4R Keterampilan Membaca Kelas V SD Berdasarkan hasil observasi pembelajaran membaca di kelas V SDN Pakisaji 03 Kecamatan Pakisaji Kabupaten Malang diketahui bahwa penggunaan metode pembelajaran membaca masih belum bervariasi. Hal ini dapat dilihat pada proses pembelajaran berlangsung kegiatan yang diberikan hanyalah pemberian tugas kepada siswa untuk membaca secara bergilir mendengarkan penjelasan isi teks bacaan dan menjawab pertanyaan dari guru. Penelitian ini dilaksanakan dengan tujuan untuk mendeskripsikan beberapa hal yang mencakup keterampilan membaca teks bahasa Indonesia siswa tanpa penerapan metode PQ4R (Preview Question Read Reflect Recite and Review) keterampilan membaca teks bahasa Indonesia siswa dengan penerapan metode PQ4R(Preview Question Read Reflect Recite and Review) dan pengaruh penerapan metode PQ4R (Preview Question Read Reflect Recite and Review) terhadap keterampilan membaca teks bahasa Indonesia siswa kelas V SDN Pakisaji 03 Kecamatan Pakisaji Kabupaten Malang. Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian eksperimental semu (Quasi Experimental Designs) bentuk Nonequivalent Control Group Design. Penelitian ini dilakukan di SDN Pakisaji 03 Kecamatan Pakisaji Kabupaten Malang yang berlangsung selama dua kali pertemuan untuk kelas kontrol dan dua kali pertemuan untuk kelas eksperimen dengan materi pokok membaca teks bahasa Indonesia yang berjudul Kebiasaan Buang Sampah Sembarangan . Sampel penelitian ini adalah siswa kelas VA sebagai kelas kontrol yang diberi perlakuan tanpa penerapan metode PQ4R dan siswa kelas VB sebagai kelas eksperimen yang diberi perlakuan dengan penerapan metode PQ4R. Teknik pengumpulan data melalui lembar observasi tes (pre-test dan post-test) dan dokumentasi. Data yang dianalisis dalam penelitian ini ada dua macam yaitu data hasil observasi dan tes keterampilan membaca teks bahasa Indonesia siswa. Adapun teknik analisis yang digunakan adalah analisis deskriptif uji prasyarat analisis dan uji hipotesis. Berdasarkan hasil penelitian tersebut diperoleh tiga simpulan hasil penelitian. Pertama keterampilan membaca teks bahasa Indonesia siswa tanpa penerapan metode PQ4R (Preview Question Read Reflect Recite and Review) di kelas V SDN Pakisaji 03 Kecamatan Pakisaji Kabupaten Malang rata-rata kurang baik dan hasil tes keterampilan membaca teks bahasa Indonesia siswa menunjukkan rata-rata kemampuan awal 52 39 dan rata-rata kemampuan akhir 74 13 sehingga nilai rata-rata gain score yang diperoleh 21 74. Kedua keterampilan membaca teks bahasa Indonesia siswa dengan penerapan metode PQ4R (Preview Question Read Reflect Recite and Review) di kelas V SDN Pakisaji 03 Kecamatan Pakisaji Kabupaten Malang rata-rata sangat baik dan hasil tes keterampilan membaca teks bahasa Indonesia siswa menunjukkan rata-rata kemampuan awal 54 17 dan rata-rata kemampuan akhir 84 38 sehingga nilai rata-rata gain score yang diperoleh 30 21. Ketiga nilai rata-rata gain score untuk kelas kontrol adalah 21 74 dan kelas eksperimen adalah 30 21 sehingga terdapat perbedaan nilai rata-rata gain score antara kelas eksperimen dan kelas kontrol sebesar 8 42. Hasil pengujian hipotesis menunjukkan terdapat pengaruh yang signifikan penerapan metode PQ4R (Preview Question Read Reflect Recite and Review) terhadap keterampilan membaca teks bahasa Indonesia siswa kelas V SDN Pakisaji 03 Kecamatan Pakisaji Kabupaten Malang. Dengan demikian penerapan metode PQ4R memiliki pengaruh yang sangat baik terhadap keterampilan membaca teks bahasa Indonesia siswa kelas V SDN Pakisaji 03 Kecamatan Pakisaji Kabupaten Malang. Saran-saran yang diberikan yaitu (1) hasil penelitian ini diharapkan bisa memberikan informasi kepada guru mengenai pembelajaran membaca dengan metode PQ4R dan sebagai bahan masukan untuk memperbaiki kegiatan pembelajaran membaca sebelumnya (2) hasil penelitian ini diharapkan dapat dijadikan sebagai bahan masukan dalam upaya pembinaan mutu pembelajaran Bahasa Indonesia khususnya dalam rangka peningkatan keterampilan membaca teks bahasa Indonesia siswa (3) diharapkan hasil penelitian ini dijadikan sebagai bahan rujukan dalam melakukan kajian lebih lanjut dengan cakupan yang lebih luas dan mendalam.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 04 Jan 2012 04:29
Last Modified: 09 Sep 2012 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/104109

Actions (login required)

View Item View Item