Kesulitan-kesulitan belajar pada siswa kelas V Sekolah dasar sewilayah UPTD Pendidikan Kecamatan Prigen Kabupaten pasuruan / Danik Fida Yuliasih - Repositori Universitas Negeri Malang

Kesulitan-kesulitan belajar pada siswa kelas V Sekolah dasar sewilayah UPTD Pendidikan Kecamatan Prigen Kabupaten pasuruan / Danik Fida Yuliasih

Yuliasih, Danik Fida (2012) Kesulitan-kesulitan belajar pada siswa kelas V Sekolah dasar sewilayah UPTD Pendidikan Kecamatan Prigen Kabupaten pasuruan / Danik Fida Yuliasih. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata kunci Kesulitan Belajar siswa kelas V Kesulitan belajar merupakan keadaan di mana siswa tidak dapat belajar sebagaimana mestinya dikarenakan adanya hambatan-hambatan yang dialami siswa dalam memahami satu atau lebih bidang studi sehingga mempengaruhi hasil belajar. Perkembangan intelektual dalam fase masa-masa kelas tinggi sekolah dasar (kira-kira 10 s/d 11 tahun) anak mengalami masa kesulitan pendidikan. Kesulitan pendidikan sebagai akibat dari soal-soal watak yang amat realistis ingin tahu ingin belajar serta adanya perhatian kepada kehidupan praktis sehari-hari yang konkret. Apabila dalam proses pembelajaran kebutuhan anak tersebut tidak dapat terpenuhi maka akan menyebabkan kesulitan belajar. Berdasarkan hal tersebut maka dilakukan penelitian terhadap siswa SD kelas V yang berada diwilayah UPTD Pendidikan Kecamatan Prigen Kabupaten Pasuruan. Penelitian ini menggunakan rancangan deskriptif murni (survei) karena bermaksud memaparkan apa yang terdapat atau terjadi dalam sebuah kancah lapangan atau wilayah tertentu. Pendekatan dalam penelitian ini menggunakan pendekatan survey karena dilihat dari keberadaan data penelitian sudah tersedia dan peneliti melakukan analisis untuk dapat mendeskripsikan keadaan di lapangan. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mendeskripsikan jenis kesulitan belajar pada siswa kelas V sewilayah UPTD Pendidikan Kecamatan Prigen dan mendeskripsikan penyebab kesulitan belajar. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan pada siswa kelas V sekolah dasar sewilayah UPTD Pendidikan Kecamatan Prigen diketahui Jenis kesulitan belajar yang cukup banyak ditemukan pada siswa kelas V sewilayah UPTD Pendidikan Kecamatan Prigen adalah variasi kesulitan dalam mencapai ketuntasan belajar karena ada konsep dasar yang belum dikuasai atau karena proses belajar yang sudah ditempuhnya tidak sesuai dengan karakteristik belajar siswa yang bersangkutan. Sedangkan penyebab kesulitan belajar siswa kelas V SD sewilayah UPTD Pendidikan Kecamatan Prigen berasal dari 4 faktor penyebab. Dari empat faktor penyebab utama terdapat kecenderungan sebagai faktor dominan yang ditunjukkan dengan persentase perolehan skor pada tiap indikator. Penyebab kesulitan belajar dari faktor fisiologi disebabkan oleh kondisi kesehatan siswa. Kemudian dari faktor psikologi disebabkan oleh kurangnya minat siswa dalam mengikuti proses pembelajaran dan rendahnya motivasi siswa dalam belajar. Dari faktor sosial disebabkan oleh pola pengasuhan orangtua. Sedangkan penyebab kesulitan belajar dari faktor non sosial berasal dari penyajian bahan pembelajaran yang tidak sesuai dengan karakteristik belajar siswa serta kurangnya penyesuaian standar pelajaran yaitu tidak adanya penyesuaian materi pelajaran sesuai dengan kemampuan siswa. Dari hasil kesimpulan tersebut beberapa saran yang dapat dikemukakan kepada lembaga SD guru siswa dan orangtua untuk bekerjasama dalam mengatasi masalah kesulitan belajar pada siswa. Selain itu bagi peneliti lanjutan berupaya untuk mengembangkan hasil penelitian terutama dalam upaya mengatasi kesulitan belajar pada siswa.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 04 Jan 2012 04:29
Last Modified: 09 Sep 2012 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/104108

Actions (login required)

View Item View Item