Meningkatkan hasil belajar matematika melalui model problem based larning )PBL) siswa kelas IV SDN Salamrejo Blitar / Gugi bagus Abimanyu - Repositori Universitas Negeri Malang

Meningkatkan hasil belajar matematika melalui model problem based larning )PBL) siswa kelas IV SDN Salamrejo Blitar / Gugi bagus Abimanyu

Abimanyu, Gugi Bagus (2012) Meningkatkan hasil belajar matematika melalui model problem based larning )PBL) siswa kelas IV SDN Salamrejo Blitar / Gugi bagus Abimanyu. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata Kunci matematika hasil belajar problem based learning (pbl) Pada kenyataan di lapangan siswa kelas IV SDN Salamrejo Kabupaten Blitar memperoleh nilai di bawah KKM. Maka perlu diadakan penelitian untuk mengatasi masalah tersebut. Rumusan masalah penelitian ini adalah 1) Bagaimanakah penerapan problem based learning (pbl) dalam pembelajaran pecahan pada siswa kelas IV di SDN Salamrejo kecamatan Binangun Kabupaten Blitar 2) Bagaimanakah peningkatan hasil belajar dalam pembelajaran pecahan pada siswa kelas IV di SDN Salamrejo Kecamatan Binangun Kabupaten Blitar dengan model pembelajaran PBL Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian deskriptif kualitatif. Jenis penelitian yang dipergunakan dalam penulisan skripsi ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif. Penelitian ini terdiri dari dua siklus. Tiap siklus dilaksanakan dengan tahapan sebagai berikut (1) perencanaan (2) pelaksanaan (3) observasi dan (4) refleksi. Sedangkan teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi wawancara tes dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan pembelajaran penjumlahan dan pengurangan pecahan melalui penerapan model Problem Based Learniang (PBL) sangat baik. Hal ini dapat dibuktikan dengan adanya peningkatkan hasil belajar siswa kelas IV SDN Salamrejo yang ditunjukkan dengan nilai rata-rata pada pratindakan 59 7 siklus I 63 7 dan siklus II 77 3. Ketuntasan belajar pada pratindakan sebesar 31 25% siklus I sebesar 56 25% dan siklus II 87 5%. Berdasarkan hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa penerapan model Problem Based Learniang (PBL) dapat meningkatkan hasil belajar siswa dan dapat meningkatkan keterampilan siswa kelas IV SDN Salamrejo Kecamatan Binangun Kabupaten Blitar oleh karena itu guru disarankan untuk menggunakan model-model pembelajaran yang inovatif untuk menunjang tercapainya tujuan pembelajaran yang optimal.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 04 Jan 2012 04:29
Last Modified: 09 Sep 2012 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/104107

Actions (login required)

View Item View Item