Nindya, Nike Permata (2012) Peningkatan hasil belajar matematika melalui pembelajaran perubahan konseptual dan prosedural siswa kelas IV SDN Mojoroto 1 Kediri / Nike Permata Nindya. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Kata Kunci konsep prosedur perkalian bersusun. Siswa kelas IV SDN Mojoroto I Kediri memiliki pemahaman konsep dan prosedur pengerjaan perkalian yang kurang. Dari 32 siswa 15 siswa mampu mengerjakan perkalian bersusun dengan benar sedangkan 17 siswa belum mampu mengerjakan dengan benar. Oleh karena itu perlu diadakan penelititan untuk mengatasi masalah tersebut. Rumusan masalah penelitian ini adalah(1) Bagaimanakah penerapan pembelajaran perubahan konseptual dan prosedural untuk meningkatkan hasil belajar perkalian bersusun siswa kelas IV SDN Mojoroto 1 Kediri (2) Apakah pembelajaran perubahan konseptual dan prosedural dapat meningkatkan hasil belajar perkalian bersusun siswa kelas IV dalam menyelesaikan perkalian bersusun di SDN Mojoroto 1 Kediri Metode penelititan yang digunakan dalam penulisan skripsi ini adalah metode penelitian deskripstif kualitatif. Jenis penelitian yang digunakan adalah Penelititan Tindakan Kelas (PTK). Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kualitatif. Dalam penelitian ini terdiri dari dua siklus. Tiap siklus dilaksanakan dengan tahapan sebagai berikut (1) perencanaan (2) pelaksanaan (3) observasi (4) refleksi. Teknik pengumpulan data yang digunakan observasi wawancara dan tes. Hasil dari penelitian dalam pelaksanaan pembelajaran perkalian bersusun melalui pembelajaran konseptual dan prosedural dapat meningkatkan hasil belajar perkalian bersusun siswa kelas IV SDN Mojoroto I Kediri yang ditunjukkan dengan nilai rata-rata hasil belajar pratindakan 62 siklus I 68 dan siklus II 87. Ketuntasan belajar pada pratindakan 48% siklus I 63% Siklus II 97%. Berdasarkan hasil penelitian tersebut disimpulkan bahwa penerapan pembelajaran perkalian bersusun melalui pembelajaran perubahan konseptual dan prosedural dapat meningkatkan hasil belajar perkalian bersusun siswa SDN Mojoroto I Kediri. Oleh karena itu guru disarankan untuk menerapkan pembelajaran konseptual dan prosedural sebagai salah satu pertimbangan untuk melaksanakan pembelajaran dan memotivasi siswa dalam memberikan konsep dan prosedur matematika. Karena konsep dan prosedur sangat mempengaruhi kemampuan siswa dalam menyelesaikan soal-soal matematika.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 04 Jan 2012 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2012 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/104106 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |