Sumiasih, Ririn (2012) Peningkatan hasil belajar matematika melalui model savi dengan materi pengukuran pada siswa kelas III SDN Karangsono 02 Blitar / Ririn Sumiasih. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Kata kunci hasil belajar model savi pengukuran Hasil observasi awal ditemukan bahwa kegiatan pembelajaran yang dila- kukan guru sangat membosankan. Dalam pembelajaran guru hanya menggunakan buku paket dalam kegiatan pembelajaran. Sehingga siswa kurang aktif dalam ke- giatan pembelajaran. Pembelajaran yang membosankan membuat siswa jenuh. Hasil ketuntasan belajar siswa kelas III SDN Karangsono 02 Blitar hanya 24% dari 17 siswa yang hasil belajarnya memenuhi KKM. Penelitian dalam penulisan ini bertujuan untuk 1) Untuk mengetahui pro-ses pembelajaran materi pengukuran dengan model pembelajaran SAVI untuk sis-wa kelas III di SDN Karangsono 02 Blitar. 2) Untuk mengetahui peningkatan ha-sil belajar siswa kelas III di SDN Karangsono 02 Kabupaten Blitar pada materi pengukuran yang menggunakan model pembelajaran SAVI. Penelitian dilakukan dengan pendekatan kualitatif jenis Penelitian Tinda-kan Kelas (PTK). Langkah-langkah penelitian tindakan kelas mengacu pada alur penelitian dari Kemmis dan Taggart 1998 (dalam Rochiati W 2005 66). Model penelitian tindakan kelas ini adalah kolaboratif. Penelitian dilakukan dalam 2 si-klus dimana 1 siklus terdapat 2 pertemuan. Instrumen yang digunakan dalam pe-nelitian ini adalah instrumen kegiatan guru dan siswa serta nilai hasil belajar sis-wa. Analisis data dilakukan dengan mengumpulkan data menelaah seluruh data yang telah dikumpulkan dengan cara menganalisis menerangkan dan menyimpul-kan yang dilaksanakan sejak awal proses pembelajaran mengklasifikasi hasil da-lam pelaksanaan pembelajaran dengan menggunakan model SAVI. Pada penelitian ini peneliti menggunakan model pembelajaran SAVI. Un-sur-unsur model SAVI adalah belajar Somatis (bergerak) belajar Auditori (men-dengar) belajar Visual (melihat) dan belajar Intelektual (berpikir). Model SAVI ini dapat digunakan untuk mempelajari materi panjang dan berat. Ini ditinjau dari aktivitas guru dan siswa dalam pembelajaran mencapai 100% dengan kriteria Sangat baik . Berdasarkan hasil pengamatan peneliti pembelajaran Matematika melalui model SAVI pada materi pengukuran panjang dan berat Kelas III terbukti hasil belajar siswa menjadi meningkat yaitu dari pra tindakan 24% pada siklus I perte- muan 1 mencapai 35% pertemuan 2 mencapai 60% pada siklus II pertemuan 1 mencapai 70% pertemuan 2 mencapai 94% dengan kriteria Sangat baik . Dari pra tindakan sampai siklus II telah mencapai ketuntasan belajar yang melebihi KKM. Dalam penelitian ini dapat diambil kesimpulan bahwa dalam pembelajaran matematika materi pengukuran panjang dan berat dengan menggunakan model SAVI hasil belajar siswa meningkat. Disarankan bagi peneliti selanjutnya dapat menggunakan model SAVI dengan materi yang lain.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 04 Jan 2012 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2012 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/104105 |
Actions (login required)
View Item |