Pengembangan media berbasis edutainment pada pembelajaran IPA materi sistem pernafasan kelas V SDN Madyopuro 6 Malang / Agni Nurani Kurniawati - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan media berbasis edutainment pada pembelajaran IPA materi sistem pernafasan kelas V SDN Madyopuro 6 Malang / Agni Nurani Kurniawati

Karuniawati, Agni Nurani (2011) Pengembangan media berbasis edutainment pada pembelajaran IPA materi sistem pernafasan kelas V SDN Madyopuro 6 Malang / Agni Nurani Kurniawati. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata Kunci Media berbasis edutainment IPA Pernafasan Penguasaan TIK oleh sebagian guru masih sedikit sehingga penggunaan media berbasis TIK jarang dilakukan. Penggunaan metode ceramah serta jarangnya penggunaan media membuat pembelajaran kurang bervariasi. Adanya televisi membuat siswa lebih tertarik menonton film dari pada belajar. Dari beberapa faktor di atas mengakibatkan hasil belajar sebanyak 29 siswa dari 36 siswa belum mencapai nilai KKM . Tujuan penelitian ini adalah (1) Menguji kelayakan media berbasis edutainment pada pembelajaran IPA materi sistem pernafasan kelas V semester 1 SDN Madyopuro 6 Malang. (2) Menguji coba media berbasis edutainment pada pembelajaran IPA materi sistem pernafasan kelas V semester 1 SDN Madyopuro 6 Malang. (3) Memaparkan hasil belajar siswa SDN Madyopuro 6 Malang sesudah menggunakan media berbasis edutianment. Dalam penelitian ini menggunakan Research and Development (R D) dengan pendekatan yang digunakan adalah deskriptif kualititatif dengan mengadaptasi pengembangan Sadiman. Desain uji kelayakan pada penelitian ini dilakukan terhadap perseorangan (ahli materi dan ahli media) serta kelompok terbatas. Uji coba produk dilakukan di SDN Madyopuro 6. Instrument pengumpulan data berupa angket tes lembar pengamatan. Hasil Pengembangan antara lain (1) Dalam uji kelayakan media berbasis edutainment pada pembelajaran IPA materi sistem pernafasan dilakukan oleh (a) ahli materi menyatakan sangat sesuai sebesar 87 5% (b) ahli media menyatakan sangat sesuai sebesar 87 5% dan (c) guru kelas SDN Madyopuro 6 menyatakan sangat sesuai sebesar 92 5% dengan produk yang telah direvisi adalah (a) pada scene 7 dan 9 teks yang tidak terlalu penting dihapus (b) Pada scene 7 dan 9 pertemuan pertama serta scene 1 dan 2 pada pertemuan kedua kemunculan lebih dulu adalah tanda panah untuk menunjukkan bagian tertentu muncul teks nama bagian yang ditunjuk fungsi bagian yang ditunjuk (c) Menambah ilustrasi musik (d) pada scene 5 menambah adegan bernafas sambil berjalan (e) Pada rencana pelaksanaan pembelajaran durasi waktu diganti 9 menit 6 detik pertemuan II yang diganti 6 menit 8 detik sesuai durasi waktu media. (2) Berdasarkan uji coba produk di SDN Madyopuro 6 Malang media berbasis edutainment efektif untuk digunakan hal ini terbukti dengan hasil perhitungan angket siswa yang menjadi responden yakni sebesar 92 5% dari kriteria yang diharapkan. (3) Prosentase hasil belajar siswa sesudah menggunakan media berbasis edutainment 77 42%. Berdasarkan hasil penelitian dan pengembangan saran-saran ditujukan bagi guru kepala sekolah peneliti lain serta bagi Kependidikan sekolah dasar dan Prasekolah.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 29 Dec 2011 04:29
Last Modified: 09 Sep 2011 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/104104

Actions (login required)

View Item View Item