PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MELALUI PENEMUAN TERBIMBING PADA SISWA KELAS IV SDN SAWENTAR 02 KECAMATAN KANIGORO KABUPATEN BLITAR/Efa Siswanti - Repositori Universitas Negeri Malang

PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MELALUI PENEMUAN TERBIMBING PADA SISWA KELAS IV SDN SAWENTAR 02 KECAMATAN KANIGORO KABUPATEN BLITAR/Efa Siswanti

Siswanti, Efa (2011) PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MELALUI PENEMUAN TERBIMBING PADA SISWA KELAS IV SDN SAWENTAR 02 KECAMATAN KANIGORO KABUPATEN BLITAR/Efa Siswanti. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata kunci Hasil Belajar Penemuan Terbimbing FPB dan KPK Hasil observasi yang peneliti lakukan di kelas IV pada waktu pembelajaran matematika tentang penyelesaian soal yang berkaitan dengan FPB dan KPK adalah sebagai berikut (1) proses belajar mengajar masih berpusat pada guru sehingga siswa kurang aktif dan kreatif dalam kegiatan pembelajaran (2) proses pembelajaran yang dilakukan guru cenderung ceramah (3) guru tidak menggunakan media dalam pembelajaran (4) metode yang digunakan guru dalam pembelajaran masih bersifat monoton (5) kemampuan guru dalam memberikan pertanyaan yang membimbing masih rendah (6) ketertarikan siswa dalam pembelajaran matematika masih kurang sehingga siswa ramai sendiri dan malas bila disuruh mengerjakan tugas dan (7) bahan pembelajaran yang dipilih guru kurang variatif. Penelitian ini bertujuan untuk (1) mendeskripsikan penerapan model penemuan terbimbing pada mata pelajara matematika tengtang penyelesaian soal yang berkaitan dengan FPB dan KPK (2) mengetahui dan mendeskripsikan peningkatan hasil belajar akibat penerapan model penemuan terbimbing di Kelas IV SDN Sawentar 02 Kabupaten Blitar. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian tindakan kelas (PTK). Subyek penelitian adalah siswa kelas IV SDN Sawentar 02. Dalam penelitian ini peneliti sebagai guru (pengajar) dan guru kelas (mitra peniliti) sebagai observer. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model penemuan terbimbing pada mata pelajaran matematika tentang penyelesaian masalah yang berkaitan dengan FPB dan KPK pada siswa kelas IV SDN Sawentar 02 dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Hal ini dapat dilihat dari nilai rata-rata setiap siklusnya mengalami peningkatan. Nilai rata-rata tahap pratindakan sebesar 60 4 dengan presentase ketuntasan sebesar 40%. Nilai rata-rata siklus I 68 dengan persentase 65 %. Sedangkan pada siklus II nilai rata-rata menjadi 76 dengan persentase sebesar 100%. Berdasarkan hasil kesimpulan disarankan kepada guru kelas VI SDN Sawentar 02 Kabupaten Blitar untuk menerapkan model penemuan terbimbing dalam pembelajaran matematika khususnya pada materi FPB dan KPK agar hasil belajar siswa dapat meningkat.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 29 Dec 2011 04:29
Last Modified: 09 Sep 2011 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/104102

Actions (login required)

View Item View Item