Krisbianto (2011) Peningkatan hasil belajar pecahan melalui RME (Realistic Mathematic Education) pada siswa kelas III SDN Dayu 02 Kecamatan Nglegok kabupaten Blitar / Krisbianto. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Kata Kunci hasil belajar pecahan RME (realistic mathematic education) Hasil belajar merupakan penilaian terhadap kemajuan siswa dalam belajar dan sebagai indicator ketercapain tujuan pembelajaran. Berdasarkan observasi yang peneliti lakukan pada siswa kelas III SDN Dayu 02 diketahui bahwa siswa yang tidak tuntas belajar sebanyak 13 siswa dari 24 siswa. Hal itu dikarenakan siswa kurang memahai materi pecahan tentang menyatakan pecahan memahami pecahan senilai dan menuliskan pecahan secara urut. Untuk itu agar dapat meningkatkan hasil belajar siswa dan tercapainya tujuan pembelajaran dalam mata pelajaran matematika perlu diadakan perbaikan pembelajaran dengan memantapkan konsep dan pemahaman siswa akan pecahan melalui media garis bilangan kertas berpetak dan block pecahan dengan RME (Realistic Mathematic Education) yaitu siswa mencari/memahami bertanya menyelesaikan berdiskusi/ membandingkan dan menyimpulkan. Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengetahui dan mendiskripsikan penerapan Realistic Mathematic Education pada pembelajaran matematika materi pecahan di kelas III SDN Dayu 02 Kecamatan Nglegok Kabupaten Blitar dan (2) mengetahui dan mendiskripsikan peningkatan hasil belajar pecahan melalui Realistic Mathematic Education pada siswa kelas III SDN Dayu 02 Kecamatan Nglegok Kabupaten Blitar. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif jenis penelitian tindakan kelas dengan model kolaboratif partisipatoris. Subyek penelitian adalah siswa kelas III. Dalam penelitian ini peneliti sebagai guru (pengajar). Sedangkan guru kelas III dan teman sejawat (mitra peneliti) sebagai observer. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan RME dalam pembelajaran matematika pecahan di kelas III sudah sangat baik. Hal ini didukung dengan sudah munculnya semua prinsip dan karakteristik RME melalui langkah-langkah penerapan RME pada saat pembelajaran berlangsung. Hal itu juga diikuti dengan adanya peningkatan hasil belajar siswa yang sangat baik pula. Persentase ketuntasan belajar siswa pada pratindakan adalah 46% pada siklus I adalah 62 5% dan pada siklus II adalah 87 5%. Guru sebaiknya tidak segan menggunakan RME (Realistic Mathematic Education) dalam pembelajaran matematika sehingga hasil belajar siswa optimal. Dalam pembelajaran hendaknya guru melibatkan siswa secara aktif dan langsung untuk memahami masalah bertanya menyelesaikan masalah berdiskusi dan bertukar pendapat dan mempresentasikannya.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Users 2 not found. |
Date Deposited: | 29 Dec 2011 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2011 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/104099 |
Actions (login required)
View Item |