Penerapan model index card match untuk meningkatkan IPA pada siswa kelas IV SDN Tulusrejo 2 kota Malang / Alfan Yuniawan - Repositori Universitas Negeri Malang

Penerapan model index card match untuk meningkatkan IPA pada siswa kelas IV SDN Tulusrejo 2 kota Malang / Alfan Yuniawan

Yuniawan, Alfan (2011) Penerapan model index card match untuk meningkatkan IPA pada siswa kelas IV SDN Tulusrejo 2 kota Malang / Alfan Yuniawan. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata Kunci penerapan pembelajaran IPA model index card match Berdasarkan fakta yang ditemukan peneliti terdapat permasalahan yang terjadi dikelas IV SDN Tulusrejo II Kota Malang dalam aktivitas dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA. Berdasarkan hasil wawacara yang dilakukan oleh peneliti dengan guru kelas IV di SDN Tulusrejo II Kota Malang menjelaskan bahwa pelaksanaan pembelajaran masih mengandalkan guru sepenuhnya atau masih teacher centered. Guru lebih sering meggunakan ceramah penugasan yang dilakukan secara individu sehingga siswa merasa cepat bosan dalam pembelajaran. Tujuan dari penelitian ini yaitu (1) mendeskripsikan penerapan model index card match pada mata pelajaran IPA siswa kelas IV SDN Tulusrejo II Kota Malang (2) medeskripsikan aktivitas belajar IPA siswa pada kelas IV SDN Tulusrejo II Kota Malang setelah menggunakan model index card match (3) medeskripsikan hasil belajar IPA siswa pada kelas IV SDN Tulusrejo II Kota Malang setelah menggunakan model index card match. Penelitian ini menggunakan desain PTK yang terdiri dari 2 siklus. Masing-masing siklus mempunyai 5 tahapan yaitu (1) perencanaan (2) tindakan (3) pengamatan (4) refleksi dan (5) perbaikan rencana. Pelaksanaan siklus II sama dengan siklus I yang terdiri atas 5 tahapan. Dari penelitian yang telah dilakukan oleh peneliti didapatkan hasil yaitu (1) Guru telah menerapkan model index card match dengan baik yang dibuktikan dengan peningkatan kemampuan guru dari rata-rata 91 18 pada siklus I menjadi 100 pada siklus II. (2) Berdasarkan hasil analisis data aktivitas belajar siswa kelas IV setelah diberi tindakan secara keseluruhan rata-rata mengalami peningkatan dari 70 23 pada siklus I menjadi 83 68 pada siklus II. (3) Rata-rata nilai hasil belajar pra tindakan sebesar 52 14 (14%) setelah dilakukan pembelajaran dengan menggunakan model index card match pada siklus I rata-rata nilai hasil belajar meningkat menjadi 70 63 dengan ketuntasan belajar secara klasikal 61%. Pada siklus II rata-rata nilai hasil belajar siswa meningkat menjadi 74 11 dengan ketuntasan belajar secara klasikal 71%. Pada siklus II ini rata-rata nilai hasil belajar sudah dapat mencapai KKM yaitu 70 dan ketuntasan belajar klasikal telah mencapai 70% dari jumlah siswa dalam kelas. Berdasarkan hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa penerapan model index card match dapat meningkatkan kualitas pembelajaran IPA siswa kelas IV SDN Tulusrejo 2 Kota Malang. Berdasarkan penelitian ini disarankan bagi guru dan peneliti lanjutan diharapkan dapat menciptakan suatu inovasi dalam pembelajaran seperti penggunaan model pembelajaran dan mengkombinasikannya dengan beberapa metode pembelajaran yang cocok dalam pembelajaran IPA.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 29 Dec 2011 04:29
Last Modified: 09 Sep 2011 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/104097

Actions (login required)

View Item View Item