Fajri, Gita Asrini (2011) Pengaruh penerapan model inquiri terhadap hasil belajar Ipa siswa kelas IV SDN Pakisaji 1 Kecamatan Pakisaji Kabupaten Malang/ Gita Asrini Fajri. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Kata kunci Model Inquiri Hasil Belajar Pendidikan merupakan proses pemberian bimbingan dan pengetahuan kepada siswa yang dimulai sejak usia dini. Proses belajar pada siswa ditunjukkan pada perubahan tingkah laku yang didorong oleh kebutuhan dan tujuan yang ingin dicapai. Selain itu belajar merupakan bentuk pengalaman. Pengalaman pada dasarnya adalah hasil dari interaksi antara siswa dan lingkungannya. Pembelajaran IPA dapat dilaksanakan secara menarik untuk meningkatkan aktivitas siswa dalam proses belajar mengajar di sekolah. Model pembelajaran yang bervariasi dapat digunakan untuk meningkatkan hasil belajar siswa. Adapun salah satu cara yang dapat ditempuh agar tujuan pembelajaran dapat tercapai adalah menerapkan model pembelajaran yang menarik sehingga siswa semakin antusias dalam belajar. Salah satu model pembelajaran yang dapat diterapkan adalah model pembelajaran inquiri Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui 1) Hasil belajar IPA siswa yang belajar dengan menggunakan model pembelajaran inquiri 2) Hasil belajar IPA siswa yang dengan menggunakan model pembelajaran konvensional 3) Pengaruh penerapan model inquiri terhadap hasil belajar IPA siswa kelas IV SDN Pakisaji 1 Kecamatan Pakisaji Kabupaten Malang. Penelitian ini termasuk penelitian eksperimental semu (Quasi Eksperimen) dengan mengambil subjek penelitian 2 kelas yaitu kelas IV A sebagai kelas kontrol dan kelas IV B sebagai kelas eksperimen. Instrumen penelitian berupa tes untuk pre test dan post test. Teknik analisis yang digunakan adalah uji-t independent diselesaikan dengan software komputer program SPSS versi 15.00 for Windows Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan antara nilai rata-rata kelas eksperimen dan kelas kontrol. Dari analisis data diketahui bahwa rata-rata hasil belajar siswa pada kelas eksperimen sebesar 82 414. Sedangkan pada kelas kontrol sebesar 70 357 dengan nilai probabilitas (Sig) 0 001 0 05 maka H0 ditolak dan Ha diterima. Kesimpulan akhir dari uji ini adalah ada pengaruh hasil belajar antara siswa kelas kontrol dan kelas eksperimen maka H0 ditolak dan Ha diterima sehingga dapat disimpulkan bahwa penerapan model inquiri berpengaruh terhadap hasil belajar IPA siswa kelas IV SDN Pakisaji 1 Kecamatan Pakisaji Kabupaten Malang. Kesimpulan dari penelitian ini terdapat pengaruh yang signifikan penerapan model pembelajaran inquiri terhadap hasil belajar IPA siswa Kelas IV SDN Pakisaji 1 Kecamatan Pakisaji Kabupaten Malang. Hasil belajar kelas eksperimen yang diajar dengan menggunakan model pembelajaran inquiri lebih tinggi daripada hasil belajar siswa kelas kontrol yang diajar dengan menggunakan model pembelajaran konvensional. Disarankan agar bagi guru IPA model pembelajaran inquiri dapat dijadikan alternatif dalam melaksanakan pembelajaran karena dapat membuat siswa menemukan sesuatu sesuai materi yang dipelajari serta dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Bagi peneliti selanjutnya disarankan untuk mengembangkan penelitian dengan penerapan model inquiri pada materi selain struktur dan fungsi tumbuhan.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 29 Dec 2011 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2011 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/104096 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |