Perbedaan model pembelajaran Quantum Teaching terhadap motivasi dan hasil belajar IPS siswa kelas III SDN Tanjungrejo 2 kota Malang / Endah Suryaningsih - Repositori Universitas Negeri Malang

Perbedaan model pembelajaran Quantum Teaching terhadap motivasi dan hasil belajar IPS siswa kelas III SDN Tanjungrejo 2 kota Malang / Endah Suryaningsih

Suryaningsih, Endah (2011) Perbedaan model pembelajaran Quantum Teaching terhadap motivasi dan hasil belajar IPS siswa kelas III SDN Tanjungrejo 2 kota Malang / Endah Suryaningsih. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata Kunci Quantum Teaching Motivasi Hasil Belajar IPS Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) merupakan mata pelajaran diajarkan di sekolah dasar yang tidak hanya menghafal konsep. Salah satu alternatif untuk mengatasi keadaan tersebut adalah dengan menerapkan model pembelajaran Quantum Teaching. Model pembelajaran ini merupakan salah satu model yang inovatif untuk membangkitkan motivasi dan meningkatkan hasil belajar IPS materi Kerjasama di Lingkungan Rumah Lingkungan Sekolah dan Lingkungan Kelurahan/Desa untuk siswa kelas III Sekolah Dasar. Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan perbedaan motivasi dan hasil belajar IPS siswa yang dibelajarkan melalui model pembelajaran Quantum Teaching. Penelitian ini dilakukan di SDN Tanjungrejo 2 Kota Malang tahun pelajaran 2011/2012. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas III SDN Tanjungrejo 2 Kota Malang tahun pelajaran 2011/2012. Sampel dalam penelitian ini terdiri dari dua kelas yaitu kelas IIIA sebagai kelompok eksperimen yaitu kelompok yang diajar dengan model pembelajaran Quantum Teaching dan kelas IIIB sebagai kelompok kontrol yaitu kelompok yang diajar tanpa model pembelajaran Quantum Teaching. Pengambilan sampel dipilih dengan teknik sampling jenuh. Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian eksperimental semu (quasy eksperimental design). Data motivasi dan hasil belajar IPS diperoleh dari hasil pre test dan post test dianalisis statistik dengan menggunakan uji t. Instrumen yang digunakan yaitu instrumen perlakuan (silabus rencana pelaksanaan pembelajaran dan lembar kegiatan siswa) dan instrumen pengukuran (tes dan angket motivasi). Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat perbedaan skor rata-rata motivasi belajar dan hasil belajar IPS siswa di kelompok eksperimen dan kelompok kontrol. Hasil analisis data diketahui bahwa skor rata-rata motivasi belajar siswa kelompok eksperimen sebesar 99 38 sedangkan skor rata-rata motivasi belajar siswa kelompok kontrol sebesar 92 65 dengan t hitung (4 365) lebih besar daripada t tabel (1 986). Untuk analisis data hasil belajar IPS siswa kelompok eksperimen sebesar 90 63 sedangkan hasil belajar IPS siswa kelompok kontrol sebesar 86 30 dengan t hitung (2 111) lebih besar daripada t tabel (1 986). Berdasarkan analisis data diambil kesimpulan bahwa motivasi dan hasil belajar IPS pada kelompok eksperimen lebih tinggi daripada kelompok kontrol. Merujuk hasil analisis data maka dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran Quantum Teaching pada materi kerjasama di lingkungan rumah sekolah dan kelurahan/desa berpengaruh terhadap motivasi dan hasil belajar IPS siswa kelas III SDN Tanjungrejo 2 Kota Malang.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: library UM
Date Deposited: 29 Dec 2011 04:29
Last Modified: 09 Sep 2011 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/104095

Actions (login required)

View Item View Item