Dewintasari, Elvin (2011) Pengembangan gerak anak usia dini melalui seni tari kidang alit di TK Dharma Wanita 07 Kebonsari kota Malang. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Kata Kunci Pengembangan Gerak Anak Usia Dini Tari Kidang Alit Pengembangan potensi anak dalam seni tari selama ini hanya sekedar sebagai hiasan pengembangan kreatiifas anak hanya berperan sebagai obyek dan tidak mendapatkan kesempatan untuk menjadi subyek. Berdasarkan hasil observasi menunjukkan bahwa anak kelompok B di TK Dharma Wanita 07 Kebonsari Malang dalam kegiatan pengembangan gerak melalui menari masih kurang optimal terutama pada ketepatan gerak anak saat menari. Jumlah 15 anak didik menunjukkan hanya sekitar 20% dapat melakukan gerakan secara tepat saat menari dan 80% menunjukkan masih kurangnya kemampuan melakukan gerakan secara tepat saat menari. Mengatasi masalah tersebut maka peneliti melakukan pembelajaran yang tepat melalui seni Tari Kidang Alit untuk meningkatkan gerak anak secara tepat dalam menari. Tujuan penelitian yaitu 1) Mendeskripsikan langkah-langkah pembelajaran Tari Kidang Alit untuk meningkatkan pengembangan gerak anak usia dini kelompok B di TK Dharma Wanita 07 Kebonsari Kota Malang 2) Mendeskripsikan peningkatan kemampuan gerak melalui Tari Kidang Alit pada anak kelompok B di TK Dharma Wanita 07 Kebonsari Kota Malang. Penelitian dirancang dengan rancangan penelitian tindakan kelas. Penelitian dilaksanakan pada semester 1 subyek penelitian adalah anak kelompok B TK Dharma Wanita 07 Kebonsari Malang. Penelitian dilakukan pada bulan November 2011. Terdiri dari dua siklus setiap siklus terdiri dari tiga kali pertemuan. Teknik pengumpulan datanya melalui observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil pra tindakan sebesar 53% tindakan siklus I menunjukkan peningkatan koreografi dan kemampuan gerak melalu Seni Tari Kidang Alit sejumlah 9% dengan skor rata-rata 62% selanjutnya pada tindakan siklus II juga mengalami peningkatan sejumlah 19% dengan skor rata-rata sebesar 81%. Kesimpulan penelitian adalah bahwa pembelajaran melalui seni Tari Kidang Alit dapat mengembangkan fisik motorik anak dengan baik karena anak dibimbing untuk menggerakkan seluruh anggota tubuhnya sehingga kemampuan gerak anak dapat berkembang dan meningkat dengan baik. Upaya untuk pengembangan gerak anak disarankan kepada guru hendaknya dapat menggunakan visualisasi video dalam pembelajaran tari dan menggunakan make up dan kostum yang sesuai dengan tarian agar anak lebih senang.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 29 Dec 2011 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2011 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/104093 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |