Peningkatan hasil belajar IPS melalui model stand pada siswa kelas 5 di SDN Karangtengah 1 kota Blitar / Gitta Norma Juwita - Repositori Universitas Negeri Malang

Peningkatan hasil belajar IPS melalui model stand pada siswa kelas 5 di SDN Karangtengah 1 kota Blitar / Gitta Norma Juwita

Juwita, Gitta Norma (2011) Peningkatan hasil belajar IPS melalui model stand pada siswa kelas 5 di SDN Karangtengah 1 kota Blitar / Gitta Norma Juwita. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata Kunci hasil belajar ips stad Proses pembelajaran IPS di SDN Karangtengah I Kota Blitar selama ini guru hanya menggunakan cara klasikal (ceramah). Menurut pengamatan peneliti hasil belajar siswa rendah nilai siswa lebih banyak di bawah KKM yaitu 70 hal ini dikarenakan sistem pembelajaran IPS yang kurang menarik bagi siswa. Guru dalam mengajarpun masih bersifat ceramah sehingga siswa lebih cenderung bosan dengan pembelajaran IPS yang hanya mendengarkan lalu mengerjakan tugas-tugas saja. Selain itu kebanyakan siswa kurang tertarik untuk belajar IPS dan lebih banyak menghafal. Tujuan dari penelitian ini yaitu (1) mendeskripsikan penerapan model pembelajaran STAD dalam meningkatkan hasil belajar IPS pada siswa kelas V di SDN Karangtengah I Kota Blitar (2) Mendeskripsikan penerapan model pembelajaran STAD dapat meningkatkan pembelajaran IPS pada siswa kelas V di SDN Karangtengah I Kota Blitar. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian tindakan kelas. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas V SDN Karangtengah I Kota Blitar dengan jumlah siswa sebanyak 43 siswa terdiri dari 23 siswa laki-laki dan 20 siswa perempuan. Instrumen penelitian meliputi (1) observasi (2) angket (3) tes dan (4) dokumentasi. Teknik analisa data yang digunakan yaitu reduksi data penyajian data dan kesimpulan. Penerapan model STAD pada pembelajaran IPS digunakan untuk meningkatkan penilaian proses dan hasil belajar siswa. Hal ini dapat diketahui dari peningkatan penilaian proses selama kegiatan pembelajaran berlangsung dan peningkatan hasil belajar siswa. Penilaian proses dari 43 siswa dari siklus I 66 49% sedangkan siklus II 79 79% hal ini menunjukkan peningkatan kualitas proses sebesar 13 3%. Ketuntasan belajar pada siklus I ke siklus II dari 43 siswa juga mengalami peningkatan dari 39 53 % menjadi 86 04 % hal ini menunjukkan bahwa terjadi peningkatan hasil belajar sebesar 46 51 %. Kesimpulan yang dalam penelitian ini adalah penerapan pembelajarn model STAD dapat meningkatkan hasil belajar IPS siswa kelas V di SDN Karangtengah I Kota Blitar. Saran hendaknya guru selalu inovatif terhadap pembelajaran agar pandangan bahwa guru mengajar tidak hanya duduk diam dengar catat hafal dapat terkikis. Untuk itu penggunaan pembelajaran kooperatif model STAD menjadi salah satu alternatif dalam pembelajaran.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: library UM
Date Deposited: 29 Dec 2011 04:29
Last Modified: 09 Sep 2011 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/104092

Actions (login required)

View Item View Item