Nugroho, Junaedi (2011) Pemanfaatan media audio visual untuk meningkatkan pembelajaran IPA pada siswa kelas V SDN Kemiriswu 2 Pasuruan / Junaedi Nugroho. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Kata kunci PTK Aktivitas belajar siswa Hasil belajar siswa Pembelajaran IPA Media Audio Visual SDN Kemirisewu 2 Pasuruan. SDN Kemirisewu 2 Kec. Pandaan Kab. Pasuruan merupakan sekolah yang menggunakan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP). Berdasarkan hasil observasi awal ditemukan kondisi tentang rendahnya penguasaan siswa tentang materi organ peredaran darah manusia hal ini dikarenakan kurang menggunakan media dalam pembelajaran. Permasalahan ini dicoba diatasi dengan penggunaan media Audio Visual. Tujuan penelitian ini yaitu mendeskripsikan 1) penggunaan Media audio visual terhadap hasil belajar siswa di kelas V SDN Kemirisewu 2 Pasuruan. 2) peningkatan aktivitas belajar siswa setelah penerapan Media audio visual di kelas V SDN Kemirisewu 2 Pasuruan 3) peningkatan hasil belajar siswa setelah penerapan Media audio visual di kelas V SDN Kemirisewu 2 Pasuruan. Penelitian ini menggunakan jenis PTK yang meliputi beberapa tahap yaitu perencanaan tindakan pelaksanaan tindakan observasi dan refleksi. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus dan pengumpulan data diperoleh dari observasi wawancara dokumentasi dan tes. Penelitian ini dilaksanakan pada siswa kelas V SDN Kemirisewu 2 Kec. Pandaan Kab. Pasuruan jenis data yang dipakai dalam penelitian ini berupa nilai IPA LKS soal test akhir sebanyak 15 soal lembar observasi penguasaan materi siswa lembar observasi aktivitas guru dan lembar observasi aktivitas siswa. Hasil penelitian pembelajaran menggunakan media Audio Visual pada desain pembelajaran didapat pada siklus I rata-rata sebesar 83% dan pada siklus II sebesar 94% dan pada penerapannya diperoleh hasil nilai tindakan guru mengajar pada siklus I rata-rata sebesar 79 % dan pada siklus II sebesar 92 %. Pada aktivitas dan hasil belajar pelajaran IPA siswa kelas V SDN Kemirisewu 2 Kec. Pandaan Kab. Pasuruan. Hal itu ditunjukan rata-rata aktivitas belajar siswa pada siklus I sebesar 44% meningkat menjadi 89% pada siklus II. Sedangkan ketuntasan hasil belajar siswa sebelum tindakan sebesar 33 33% pada siklus I sebesar 57 14% dan meningkat menjadi 85 71 pada siklus II. Karena ketuntasan hasil belajar lebih dari 75% maka kegiatan penelitian dihentikan. Dengan demikian penerapan media Audio Visual dapat meningkatkan aktivitas dan belajar siswa. Berdasarkan penelitian ini dapat disarankan kepada guru agar dapat menggunakan media Audio Visual pada kompetensi dasar lain bagi Kepala sekolah agar mensosialisasikan penggunaan media Audio Visual kepada guru-guru yang lain penelitian ini masih banyak kekurangan bagi peneliti lanjutan agar meminimalisir kekurangan supaya penelitian selanjutnya lebih baik.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 29 Dec 2011 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2011 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/104090 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |