Hasanah, Uswatun (2011) Peningkatan keterampilan membaca teknis melalui pendekatan pakem di kelas 11 MI Darungan Kademangan kabupaten Blitar / Uswatun Hasanah. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Kata Kunci keterampilan membaca teknis pendekatan PAKEM Pembelajaran membaca teknis di MI Darungan masih dilaksanakan dengan metode lama yaitu hanya menggunakan metode pemberian tugas. Hal ini menyebabkan siswa mengalihkan perhatian saat pembelajaran berlangsung sehingga keterampilan membaca teknis siswa kurang diperhatikan. Penelitian ini dilakukan untuk mendeskripsikan (1)bagaimanakah penerapan pendekatan PAKEM untuk meningkatkan keterampilan membaca teknis di Kelas II MI Darungan Kademangan Kabupaten Blitar (2)bagaimanakah hasil penerapan pendekatan PAKEM untuk meningkatkan keterampilan membaca teknis di Kelas II MI Darungan Kademangan Kabupaten Blitar Penelitian ini menggunakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subjek penelitian ini adalah siswa kelas II MI Darungan Kademangan Kabupaten Blitar semester I tahun pelajaran 2011/2012. Teknik pengumpulan data yang digunakan meliputi observasi wawancara dan tes. Teknik analisis data yang dilakukan dengan cara pemaknaan terhadap data-data yang telah terkumpul. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilaksanakan maka diperoleh peningkatan keterampilan membaca teknis siswa di kelas II dari pelaksanaan setiap pertemuan dalam siklus yang telah dilalui. Peningkatan tersebut dapat dilihat dari persentase rata-rata perolehan nilai kelas saat siklus II yaitu 70.84% di pertemuan 1 76.67% di pertemuan 2 dan 79.17% di pertemuan 3. Dengan presentase ketuntasan di akhir pertemuan pada setiap aspek meliputi aspek suara 93.33% aspek lafal 83.33% aspek intonasi 70% dan aspek kelancaran 70%. Disimpulkan bahwa penelitian penggunaan pendekatan PAKEM dapat meningkatkan aktivitas belajar dan keterampilan membaca teknis siswa. Oleh karena itu disarankan agar guru menggunakan metode ini dalam pembelajaran membaca teknis.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 29 Dec 2011 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2011 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/104089 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |