Siswaningdyah, Anis (2011) Peningkatan hasil pembelajaran IPS melalui penerapan Inquiry sosial di kelas 5 SDN Nglawak 111 kabupaten Nganjuk / Anis Siswaningdyah. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Kata kunci Peningkatan Inquiry Sosial Hasil Belajar. Permasalahan dalam pembelajaran IPS adalah hasil prestasi belajar yang didapatkan siswa masih kurang memuaskan. Hal ini disebabkan oleh metode pembelajaran yang dipakai adalah metode ceramah padahal materi pada mata pelajaran IPS banyak sehingga siswa menjadi bosan. Untuk memecahkan permasalahan tersebut perlu menggunakan variasi model pembelajaran yaitu dengan menggunakan metode pembelajaran inquiry sosial. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar IPS pada siswa kelas V dengan menggunakan model pembelajaran inquiry sosial. Subyek penelitian ini adalah guru dan siswa kelas V SDN Nglawak III Kecamatan Kertosono Kabupaten Nganjuk tahun ajaran 2011/2012. Penelitian ini menggunakan Penelitian Tindakan Kelas dengan model Kemmis dan Tagart yang terdiri dari pra tindakan yang menggunakan metode pembelajaran ceramah tanya jawab diskusi penugasan tanpa menggunakan inquiry sosial siklus I menggunakan metode inquiry sosial siklus II menggunakan model inquiry sosial. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa model pembelajaran inquiry sosial dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas V SDN Nglawak III. Hal ini dapat dibuktikan dengan peningkatan rata-rata nilai siswa dari pra tindakan yang rata-rata perolehan nilainya 56 25 atau ketuntasan belajar 30%. Dengan demikian pada pra tindakan dinyatakan belum tuntas. Kemudian pada siklus I dinyatakan belum tuntas dengan perolehan nilai rata-rata kelas 68 dan ketuntasan belajar 65%. Pada siklus I ini dinyatakan belum tuntas dikarenakan kriteria ketuntasan adalah banyak siswa yang mendapatkan nilai 70 sebanyak 100%. Untuk siklus II perolehan nilai rata-rata kelas 92 5 dan ketuntasan belajar mencapai 90%. Siklus ini dinyatakan tuntas karena jumlah siswa yang mendapat nilai minimal 70 sebanyak 90%. Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa pembelajaran dengan model inquiry sosial dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas V. untuk itu model inquiry sosial ini dapat diterapkan pada berbagai tingkatan kelas ataupun pada mata pelajaran yang lainnya.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 29 Dec 2011 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2011 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/104085 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |