Peningkatan hasil belajar Matematika melalui model contextual teaching and learning (CTL) pada siswa kelas 4 SDN Wlingi 02 kabupaten Blitar / Yusuf Nuryanto - Repositori Universitas Negeri Malang

Peningkatan hasil belajar Matematika melalui model contextual teaching and learning (CTL) pada siswa kelas 4 SDN Wlingi 02 kabupaten Blitar / Yusuf Nuryanto

Nuryanto, Yusuf (2011) Peningkatan hasil belajar Matematika melalui model contextual teaching and learning (CTL) pada siswa kelas 4 SDN Wlingi 02 kabupaten Blitar / Yusuf Nuryanto. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata Kunci hasil belajar matematika model CTL KPK dan FPB merupakan salah satu materi yang ada dalam mata pelajaran matematika kelas IV SD. Berdasarkan hasil pengamatan yang telah dilakukan peneliti diketahui bahwa siswa kelas IV SDN Wlingi 02 mengalami kesulitan dalam menyelesaikan soal KPK dan FPB karena pemilihan dan penggunaan model pembelajaran yang dilakukan guru kurang tepat. Sehingga hasil belajar sebagian besar siswa tidak dapat mencapai ketuntasan belajar minimal yang telah ditentukan. Untuk itu peneliti perlu melakukan tindakan untuk mencapai ketuntasan siswa dalam belajar. Tindakan yang dilakukan yaitu dengan melaksanakan model pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL). Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan dan peningkatan hasil belajar matematika materi KPK dan FPB melalui model pembelajaran CTL pada siswa kelas IV SDN Wlingi 02 Kabupaten Blitar. Penelitian dirancang menggunakan pendekatan kualitatif jenis penelitian tindakan kelas. Tahapan penelitian dilakukan sesuai dengan tahapan yang dikemukakan Kemmis dan Taggart. Subyek penelitian 26 siswa. Data yang diambil adalah data keterlaksanaan pembelajaran CTL kegiatan guru dalam pembelajaran CTL aktivitas siswa terhadap pembelajaran dan hasil belajar siswa yang berupa tes akhir. Instrument yang digunakan adalah lembar observasi angket dan tes. Analisis data dalam penelitian ini adalah metode analisis deskriptif kualitatif menggunakan teknik persentase untuk melihat kencenderungan yang terjadi dalam kegiatan pembelajaran. Dalam penelitian ini target pencapaian keberhasilan individu dan klasikal dalam pembelajaran dipatok sebesar 70%. Hasil penelitian yang diperoleh adalah sebagai berikut keterlaksanaan pembelajaran CTL pada aktivitas siswa mengalami peningkatan dari siklus I 65% menjadi 81% pada siklus II dengan kriteria baik. Kemudian pada aktivitas guru juga mengalami peningkatan dari siklus I 81% menjadi 88% pada siklus II dengan kriteria sangat baik. Hasil belajar siswa yang berupa tes akhir secara klasikal juga mengalami peningkatan dari siklus I 57% menjadi 100% pada siklus II dengan kriteria sangat baik. Jadi dapat disimpulkan bahwa hasil belajar matematika siswa kelas IV dapat meningkat melalui model pembelajaran CTL. Dari hasil penelitian tersebut hendaknya guru dalam pembelajaran materi KPK dan FPB menghubungkan materi dengan kehidupan sehari-hari siswa. Guru harus mampu mengembangkan dan menggunakan model pembelajaran CTL pada materi pembelajaran matematika yang lain.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 29 Dec 2011 04:29
Last Modified: 09 Sep 2011 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/104084

Actions (login required)

View Item View Item